DetikNews
Senin 28 November 2016, 14:40 WIB

Rizieq: Tak Ada Lagi Imbauan dari Polda-polda yang Halangi Umat ke Jakarta

Bartanius Dony A - detikNews
Rizieq: Tak Ada Lagi Imbauan dari Polda-polda yang Halangi Umat ke Jakarta Foto: Grandyos Zafna
FOKUS BERITA: Aksi Damai 2 Desember
Jakarta - Ketua Pembina GNPF MUI Habib Rizieq meminta kepolsian tidak lagi mengeluarkan imbauan-imbauan untuk menghalangi warga yang akan ikut aksi unjuk rasa ke Jakarta. Aksi Bela Islam III itu akan digelar di lapangan Monas 2 Desember nanti.

"Kami sepakat tidak ada lagi imbauan-imbauan dari Polda-polda seluruh Indonesia yang menghalang-halangi umar islam untuk ikut hadir ke acara ini," kata Rizeiq dalam jumpa pers di Kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Senin (28/11/2016).

Tidak hanya itu, Rizieq menjelaskan, disepakati juga tidak ada lagi imbauan yang dikeluarkan pihak kepolisian untuk para pengusaha transportasi agar tidak melayani warga yang akan ke Jakarta.

"Sudah jadi kesepatan dengan Kapolri (Jenderal Tito Karnavian). Imbauan-imbauan itu harus ditiadakan," ujarnya.

Sejumlah Polda belakanga ini memang mengeluarkan imbauan dan maklumat agar warga di daerah tidak ikut aksi di Jakarta.

Polrestabes Surabaya juga menerbitkan surat imbauan ke Dinas Perhubungan untuk tidak mengeluarkan rekomendasi izin trayek bagi angkutan yang akan digunakan massa demo ke Jakarta.

"Surat tersebut sifatnya hanya imbauan, apalagi kita kan tidak mempunyai angkutan antarkota antarprovinsi," kata Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Adewira Siregar kepada detikcom, Jumat (25/11).

Rizieq menegaskan aksi '212' nanti merupakan aksi super damai. Namun, tuntutannya tetap untuk penegakan hukum dan keadilan terkait Ahok yang jadi tersangka kasus dugaan penistaan agama.




(idh/rvk)
FOKUS BERITA: Aksi Damai 2 Desember
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed