DetikNews
Minggu 27 Nov 2016, 22:47 WIB

Kapolres Bogor: Isu Abu Bakar Baasyir Meninggal di Penjara Tidak Benar!

Herianto Batubara - detikNews
Kapolres Bogor: Isu Abu Bakar Baasyir Meninggal di Penjara Tidak Benar! Abu Bakar Baasyir (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Bogor - Di media sosial (medsos) beredar isu terpidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir meninggal dunia di dalam penjara. Isu itu hoax alias sama sekali tidak benar.

"Informasi dimedsos yang menyebut Abu BakarBaasyir wafat itu sama sekali tidak benar. Sudah dicek," kata Kapolres BogorAKBP AMDickyPastika Gading saat dikonfirmasidetikcom lewat telepon, Minggu (27/11/2016).
Kapolres Bogor: Isu Abu Bakar Baasyir Meninggal di Penjara Tidak Benar!Foto: Dok. Istimewa




Dicky mengaku memantau adanya isu di medsos yang menyebut bahwa Baasyir meninggal. Dia kemudian menugaskan jajarannya untuk melakukan pemeriksaan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, tempat Baasyir ditahan.

"Hasil pengecekan ke Lapas Gunung Sindur Abu Bakar Baasyir masih sehat dan masih berada di dalam lapas," ujarnya.

Mengenai isu yang tersebar itu, Dicky mengaku belum tahu pasti motifnya. Namun dia mengingatkan agar masyarakat cerdas dalam memilah-milah informasi yang beredar di medsos.

"Dalam menyerap informasi, perhatikan benar kredibilitas pemberi informasi. Lebih baik mempercayai media informasi yang jelas kredibilitas dan berizin," imbuh mantan Kapolres Karawang ini.

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan vonis 15 tahun penjara kepada Baasyir 16 Juni 2011. Amir Jemaah Anshorud Tauhid atau JAT ini terbukti menjadi perencana dan penyandang dana bagi pelatihan kelompok bersenjata di pegunungan di Aceh pada 2010.
(hri/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed