DetikNews
Sabtu 26 November 2016, 23:57 WIB

Hari Bakti PUPR, Menteri Basuki Lepas 410 Pesepeda Rute Bandung-Jakarta

Masnurdiansyah - detikNews
Hari Bakti PUPR, Menteri Basuki Lepas 410 Pesepeda Rute Bandung-Jakarta Foto: Masnurdiansyah/detikcom
Bandung - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperingati Hari Bakti PUPR ke-71 dengan cara berbeda. Peringatan dilakukan dengan gowes sepeda rute Bandung-Jakarta yang diikuti ratusan peserta.

Para peserta dilepas oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang turut ikut dalam rombongan dan didampingi Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Jabar, Sabtu (26/11/2016) sebagai titik pemberangkatan. Peserta nantinya akan mengakhiri perjalanan bersepeda di Gedung Kemen-PUPR, Jalan Patimura, Kebayoran baru, Jakarta Selatan.

Peserta akan menempuh 182 KM selama dua hari. Etape pertama, 410 peserta gowes mengayuh dari Bandung-Purwakarta sejauh 90 KM. Para peserta meluncur dari Gedung Sate pukul 06.11 WIB, Sabtu (26/11).

"Kegiatan tahun ini adalah (yang) kedua, jadi tahun lalu dan tahun ini kita laksanakan, dan nanti ke depannya akan menjadi kalender rutin dan kegiatan ikon dari kementerian PUPR," kata Basuki di Gedung Sate usai melepas para peserta gowes.

Para peserta gowes terdiri dari pegawai Kemen-PUPR, para pensiunan, mitra kerja di lingkungan Kemen-PUPR serta pencinta olah raga sepeda ikut dalam kegiatan ini. Menurut Basuki, kegiatan ini dilaksanakan sebagai implementasi dari sifat-sifat juang pahlawan Sapta Taruna yang gugur di Gedung Sate.

Basuki mengatakan, Hari Bakti PU tahun ini juga dikhususkan untuk mengenang gugurnya 7 orang karyawan atau Sapta Taruna pada 3 Desember 1945 silam. 7 Sapta Taruna itu berjuang mempertahankan Markas Departemen PU di Kota Bandung dari tentara sekutu, yang lebih dikenal dengan nama Gedung Sate.

"Saya terlalu sentimentil yah ingin mengenang, karena masa lalu tempat ini (Gedung Sate) sebagai lokasi gugurnya para Sapta Taruna itu yah di sini. Jadi begitu ada senior-senior masuk ke rombongan membawa semangat lebih," kata dia.

Basuki berharap sejarah dan acara gowes ini dapat menjadi motivasi dan inspirasi dalam bekerja untuk membangun infrastruktur bangsa.

"Bagi seluruh jajaran pejabat dan karyawan Kementerian PUPR, mari kita tegakkan kepala, tingkatkan semangat, dan bekerja lebih keras lagi sebagai bakti kita kepada bangsa ini," ujarnya.

Gowes PU 2016 terdiri dari 2 etape, etape pertama dilaksanakan dari Bandung sampai Purwakarta. Sedangkan etape kedua, para peserta melanjutkan perjalanan dari Purwakarta sampai Jakarta.
(idh/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed