DetikNews
Rabu 23 November 2016, 23:06 WIB

Mendikbud: Pengembalian 1.500 Artefak Adalah Kejutan dari PM Belanda

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Mendikbud: Pengembalian 1.500 Artefak Adalah Kejutan dari PM Belanda Mendikbud Muhadjir Effendy (Foto: Dikhy Sasra/detikFoto)
Jakarta - Perdana Menteri Belanda PM Mark Rutte tampak spontan saat memberikan sebuah keris kepada Presiden Jokowi dalam kunjungannya. Pemberian itu dilakukan saat dia menutup sambutannya, kemudian turun dari podium.

Keris tersebut merupakan simbolisasi bahwa pemerintah Belanda akan kembalikan 1.500 artefak ke Indonesia. Benda-benda bersejarah itu sebelumnya disimpan di Museum Nusantara yang terletak di Kota Delft.

"Saya rasa itu kejutan dari PM Belanda, saya kira luar biasa," ungkap Mendikbud Muhadjir Effendi di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (23/11/2016).

Belum ada pembahasan sebelumnya tentang hal ini, kata Muhadjir. Dia sendiri sebelumnya sudah melakukan pertemuan dengan pihak Belanda, namun yang dibahas adalah mengenai sekolah vokasi.

"Saya tak tahu apakah sebelumnya ada pembicaraan atau belum, tapi termasuk pertemuan antar grup kami dengan pihak belanda dan tak pernah disinggung soal itu," kata Muhadjir.

Belum ada pembicaraan teknis bagaimana ribuan benda bernilai sejarah tinggi itu akan sampai ke Tanah Air. Muhadjir akan berkunjung ke Belanda dahulu untuk membicarakan lebih lanjut tentang hal ini.


(bag/hri)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed