DetikNews
Rabu 23 November 2016, 18:48 WIB

Penculik 2 WNI di Perairan Malaysia Berjumlah 5 Orang

Ibnu Hariyanto - detikNews
Penculik 2 WNI di Perairan Malaysia Berjumlah 5 Orang Arrmanatha Nasir/ Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Penculik dua warga negara Indonesia (WNI) di perairan Malaysia pada (19/11) belum diketahui dari komplotan mana. Kemlu RI meyakini, jumlah pelaku penculikan tersebut diketahui berjumlah lima orang.

Jubir Kemlu RI, Arrmanatha Nasir, mengatakan, penculikan tersebut terjadi pada 19 November 2016. Kapal nelayan yang membawa 13 WNI tersebut sedang berlayar di perairan Sabah. Tiba-tiba kapal tersebut disergap oleh lima orang dan menculik dua anak buah kapal (ABK).

"Sampai saat ini kita terus berkoordinasi dengan pihak pemilik kapal, hari ini saya belum ada infomasi dari pihak penculik atau penyandera kepada pemilik kapal atau keluarga," ujar pria yang akrab disapa Tata ini, saat jumpa pers di Gedung Kemlu, Jl Pejambon, Jakarta, Rabu (23/11/2016).

Tata menambahkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan otoritas Malaysia dan Filipina. Pihaknya juga masih mengupayakan pembebasan terhadap dua WNI itu.

"Dalam hal ini upaya pembebasan terus dilakukan oleh crisis center yang berada di bawah Menko Polhukam. Di situ ada Menhan, Menlu, dan Panglima TNI, dan yang menjadi tugas Menlu adalah dari aspek informasinya," ucapnya.

Mengenai langkah pembebasan, Tata menjelaskan, dalam upaya pembebasan ini pemerintah juga tidak akan mengambil langkah arogan. Keselamatan sandera merupakan prioritas.

"Kita tidak akan gegabah untuk mengambil langkah yang dapat mempertaruhkan keselamatan para sandera," ujarnya.


(rvk/dnu)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed