DetikNews
Senin 21 November 2016, 16:45 WIB

2 WNI Diculik, Menlu Minta Malaysia dan Filipina Ikut Tangani

Ray Jordan - detikNews
2 WNI Diculik, Menlu Minta Malaysia dan Filipina Ikut Tangani Menlu Retno Marsudi/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melaporkan penculikan terhadap 2 WNI kepada Presiden Joko Widodo. Kedua WNI diculik di perairan Malaysia lalu dibawa wilayah Filipina.

"Jadi tadi saya juga laporkan kepada Presiden mengenai masalah yang terbaru yang terjadi pada hari Sabtu (19/11) malam kemarin," kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/11/2016).

Retno menjelaskan, sehari setelah kejadian, dirinya melakukan komunikasi dengan Menteri Luar Negeri Malaysia dan pihak Presiden Filipina Rodrigo Duterte.

"Intinya kembali lagi saya memintakan perhatian. Saya tidak akan habis atau berhenti untuk memintakan perhatian mereka karena isu inilah yang saya bawa pada saat saya berkunjung terakhir ke Kuala Lumpur kemudian ke Kota Kinabalu dan ke Sandakan. Saya bertemu dengan para ABK kita yang ada di sana dan 80% dari ABK atau nelayan yang mencari ikan di wilayah Sabah dan sekitarnya itu adalah nelayan-nelayan Indonesia. Dan saya berbicara dengan mereka dari hati ke hati," jelas Retno.

Dikatakan Retno, dia juga telah menyampaikan laporan ke Jokowi mengenai pentingnya penekanan peningkatan keamanan di wilayah perairan Malaysia.

"Saya juga tekankan mengenai pentingnya bagi pemerintah dan otoritas Malaysia untuk dapat meningkatkan keamanan di wilayah air mereka.
Karena sudah sangat jelas bawah ini merupakan kesepakatan yang sudah disetujui pada saat kita berbicara secara bertiga sejak dari di Yogya pada bulan Mei," katanya.

"Hal yang sama saya sampaikan juga kepada advisor Presiden Duterte mengenai masalah keamanan. Jadi kita tetap akan terus bekerja dan kita akan menyampaikan concern yang sama," tambah Retno.

Retno juga mengatakan, sebaiknya pengetatan keamanan tidak hanya dilakukan di wilayah perairan Sulu, Filipina saja.

"Di jalur-jalur kapal-kapal batubara kita, tetapi juga di perairan perairan di wilayah Malaysia, di mana para nelayan kita bekerja mencari ikan. Dan saya juga sudah melakukan pertemuan dengan asosiasi pemilik kapal di Sandakan. jadi dari semua layer sudah kita temui, kita sampaikan concern kita dan semua tadi saya laporkan kepada Bapak Presiden," jelas Retno.
(jor/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed