DetikNews
2016/11/19 10:16:57 WIB

Menyejukkan, Potret Toleransi Beragama dari Samarinda hingga Papua

Hestiana Dharmastuti - detikNews
1 Relawan Masjid Percantik Gereja
Halaman 2 dari 6
Menyejukkan, Potret Toleransi Beragama dari Samarinda hingga Papua Foto: Relawan Pembersih Masjid ikut rapikan Gereja Oikumene Samarinda (Greg Tanari/Facebook)

Relawan Pembersih Masjid ikut bergotong-royong merapikan dan membersihkan Gereja Oikumene Samarinda, Kalimantan Timur, yang rusak akibat aksi pelemparan bom molotov pada Minggu (13/11/2016) lalu.

Acara pembersihan Gereja Oikumene Samarinda di Jalan Dr Cipto Mangunkusumo, Kelurahan Sengkotek, Kecamatan Loa Janan, Samarinda, Kalimantan Timur, itu merupakan bagian dari gotong-royong massal. Acara dimulai pagi tadi dari pukul 08.00-10.00 Wita.

"Alhamdulillah, ini acara bakti sosial bersama antarumat beragama. Suasananya penuh kebersamaan," kata Ketua Relawan Pembersih Masjid At-Taqwa Kelurahan Harapan Baru H Machfut Kartono (60) saat dihubungi detikcom lewat telepon, Jumat (18/11/2016).

Purnawirawan TNI ini mengatakan, Relawan Pembersih Masjid At-Taqwa Kelurahan Harapan Baru yang beranggotakan 50 orang ini sejak awal antusias terlibat aksi merapikan dan membersihkan Gereja Oikumene. "Alangkah baiknya kalau kami ikut terjun membersihkan gereja. Ini toleransi antarumat beragama. Sesama umat beragama harus saling hormat menghormati. Jemaat gereja sangat antusias dan berterima kasih kepada kami," ujarnya.

Menurut Machfut, pihaknya engutuk tindakan teroris Juhanda yang melemparkan bom molotov di depan gereja tersebut pada Minggu (13/11) lalu yang memakan 4 orang korban yang masih balita, salah satunya Intan Olivia Marbun (Banjarnahor) meninggal dunia. Machfut berharap kejadian serupa tidak terulang. "Kerukunan antarumat beragama di Samarinda selama ini sangat terjaga," ujarnya. Dia juga berterima kasih jika aksi Relawan Pembersih Masjid ikut merapikan dan merapikan Gereja Oikumene ini diapresiasi.

"Sesama umat beragama harus saling menghormati. Bangsa Indonesia jangan mau dipecah-belah dan terprovokasi," jelasnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed