DetikNews
Jumat 18 November 2016, 18:02 WIB

Gaji Istri Lebih Besar dari Suami Juga Picu Ribuan Perceraian di Jakarta

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews
Gaji Istri Lebih Besar dari Suami Juga Picu Ribuan Perceraian di Jakarta Ilustrasi (edi wahyono/detikcom)
Jakarta - Selain tingkat stres yang tinggi di Jakarta, banyak faktor lain yang menyebabkan istri menggugat cerai suminya. Salah satunya adalah penghasilan istri yang lebih besar dibandingkan suami.

"Macam-macam untuk faktor suami tidak bertangung jawab. Umumnya memang suami tidak bisa menafkahi lagi karena istrinya mempunyai penghasilan lebih tinggi dari suaminya," ujar juru bicara PTA DKI Jakarta, Choiri kepada detikcom di kantornya, Jalan Raden Inten II, Duren Sawit, Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Jumat (18/11/201

Choiri mengatakan untuk faktor suami tidak bertangung jawab, biasanya langsung meninggalkan istrinya begitu saja. Namun fenomena yang terjadi justru suami tidak sanggup menafkahi istrinya.

"Ini biasanya karena istri punya penghasilan sendiri sehingga dia berpikir suaminya tidak sanggup lagi memberi nafkah. Tapi ada juga suami yang meninggalkan begitu saja istrinya. Ini terjadi karena suaminya tidak punya pekerjaan jelas," papar Choiri.

Menurutnya sedikitnya jumlah suami yang menceraikan suami karena ingin menhindari konsekuensi hukum. Akibatnya status para istri digantung begitu saja.

"Kalau cerai istri menggugat suami, tidak punya konsekuensi. Tetapi kalau cerai talak suami ada resiko kewajiban untuk membayar biaya putus cinta," pungkas Choiri.

Diberitakan sebelumnya berdasarkan data yang diperoleh dari Pengadilan Agama Tinggi (PTA) DKI Jakarta pada tahun 2015, sebanyak 15.930 pasangan di Jakarta mengajukan permohonan cerai. Dari jumlah itu, perempuan Jakarta yang paling banyak meminta cerai yaitu sebanyak 11.523 perkara. Sedangkan sisanya yaitu 4.407 perceraian dimohonkan sang suami.

Sedangkan pada Januari-September 2016, sebanyak 10.772 pasangan memilih perceraian sebagai akhir hubungan rumah tangga mereka. Dari jumlah itu, 7.726 perceraian dimohonkan istri dan sisanya sebanyak 2.996 suami yang menginginkan perceraian.
(edo/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed