Surat Dari Buncit

Sampai Jumpa BlackBerry, Windows Phone, dan iPad

Achmad Rouzni Noor II - detikNews
Jumat, 18 Nov 2016 15:45 WIB
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Penetrasi smartphone di Indonesia terus melesat sejak kehadiran handset berbasis sistem operasi Android dan iOS. Kondisi ini ikut dirasakan oleh detikcom apps.

Dalam beberapa tahun terakhir, saat ini market share terbesar detikcom apps, sekitar 90%-95% ada pada platform Android dan iOS baik dari segi download, traffic, maupun user.

Khusus untuk platform iOS sendiri, market share terbesar datang dari pengguna iPhone. Sementara dari pengguna iPad, jumlahnya masih kurang signifikan.

Bahkan ketika diakumulasikan dengan platform sistem operasi lainnya seperti BlackBerry dan Windows Phone, kontribusi ketiganya tidak lebih dari 10%. Apalagi, BlackBerry sendiri telah beralih ke platform Android.

Kondisi ini membuat kami tak punya pilihan lain. Demi melayani mayoritas pembaca kami agar bisa merasakan pengalaman yang lebih baik lagi di masa depan, kami pun harus mengambil keputusan sulit.

Kami dengan berat hati terpaksa menghentikan dukungan untuk detikcom apps di platform BlackBerry, Windows Phone, dan iPad. Bukannya tak sayang, bukan tak cinta, kondisi pelik ini yang memaksa demikian.

Namun itu bukan berarti para pembaca dari ketiga platform tersebut tak lagi bisa mengakses portal berita kami. User detikcom apps pada platform BlackBerry, Windows Phone, dan iPad masih tetap dapat menikmati konten paling update detikcom via https://m.detik.com.

Sementara kami dari segi development, maintenance, serta dari sisi product, akan mencoba fokus dan mengoptimalkan resource yang ada untuk menyokong dua platform utama Android dan iPhone sebagai platform leader detikcom apps.

Atas loyalitas dan pengertiannya, detikcom mengucapkan terima kasih banyak bagi seluruh pembaca kami. Tak ada kata selamat tinggal dari kami, hanya ada ucapan: sampai jumpa lagi.

Kami akan terus melayani para pembaca kami dengan upaya yang terbaik. (rou/rou)