Sindir Pernyataan Ahok, Aa Gym: Nelson Mandela Tidak Pernah Menistakan Agama

Niken Purnamasari, Mukhlis Dinillah - detikNews
Kamis, 17 Nov 2016 15:16 WIB
Foto: Baban Gandapurnama/detikcom
Jakarta - Abdullah Gymnastiar mengeritik penyataan Gubernur nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang mengaku mirip dengan Nelson Mandela. Menurut Aa Gym, sapaannya, Ahok sama sekali tidak mirip dengan sosok Nelson Mandela.

"Katanya Ahok menyamakan dirinya dengan Nelson Mandela, menurut saya perlu dievaluasi pernyataan ini," tegas Aa Gym kepada wartawan di Pondok Pesantren Daarut Tauhiid, Jalan Geger Kalong, Kota Bandung, Kamis (17/11/2016).

Pengasuh Pondok Pesantren DT ini lalu mengaitkan kasus penistaan agama yang tengah dihadapi hingga membuat Ahok saat ini berstatus tersangka. Kondisi itu yang menjadi pembeda antara kedua sosok tersebut.

"Karena menurut saya Nelson Mandela tidak pernah menistakan agama manapun. Dia tokoh yang sangat menjaga akhlaqnya," kata dia.

Untuk diketahui, Ahok mengambil pelajaran hidup dari sosok Nelson Mandela yang dipenjara sebab menyuarakan aspirasinya. Jika nantinya dipenjara, dengan candaan Ahok menyebut bukan tidak mungkin ia akan menjadi presiden seperti Nelson Mandela.

"Mandela dipenjara 35 tahun jadi presiden. Siapa tahu gue jadi presiden kan enak, ngapain pusing," ungkapnya.

Bareskrim Mabes Polri menetapkan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai tersangka dugaan penistaan agama. Keputusan itu diambil setelah penyelidik Bareskrim Polri mengundang 29 orang saksi dan 39 orang ahli. Pada akhirnya, kesepakatan diambil yaitu Ahok sebagai tersangka.



(nkn/erd)