DetikNews
Kamis 17 November 2016, 01:44 WIB

Dilaporkan ke Mabes Polri Soal Video, Kapolda: Enggak Apa-apa

Mei Amelia R - detikNews
Dilaporkan ke Mabes Polri Soal Video, Kapolda: Enggak Apa-apa Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol M Iriawan (Foto: Grandyos Zafna)
FOKUS BERITA: Demo 4 November Ricuh
Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan dilaporkan ke Mabes Polri oleh Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) karena video yang dinilai provokatif pada saat penanganan demonstrasi 4 November lalu. Iriawan mengaku dirinya siap menghadapi pelaporan tersebut.

"Enggak apa-apa kan negara hukum, silakan saja," ujar Iriawan kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (16/11/2016).

Mantan Kapolda Jawa Barat itu membantah dirinya tidak memprovokasi FPI untuk melakukan kekerasan. Ucapan itupun dia lontarkan setelah massa bubar.

"Saya tidak memprovokasi, saya bicara itu setelah kejadian anarkis. Kenapa saya bicara, (karena) jauh-jauh hari seminggu dua minggu sebelum unjuk rasa saya sudah berkomunikasi dengan seluruh ormas yang terlibat bahwa kami akan menjaga dari provokasi yang ada," papar Iriawan.

"Ormas tersebut para satgasnya, laskarlah, itu sudah komitmen, saya tidak akan masuk ke kerumunan para pengunjuk rasa kan riskan nanti kontraproduktif," lanjutnya.

Namun kemudian terjadi aksi anarkis. Sehingga pada kesempatan itu, Iriawan pun mempertanyakan komitmen awal penanggung jawab aksi tersebut.

"Kemudian terjadi anarkis, anggota kami 18 orang luka loh. Setelah selesai bubar saya minta tanggung jwab dari anggota ormas tersebut, apa kerja kamu, katanya mau menjaga, itu intinya. Itu setelah kejadian dan saya tidak memprovokasi, toh oknum HMI yang dipukuli enggak ada kan," terang Iriawan.

"Tapi kalau mau melapor ya silakan," kata diia menuntaskan pembicaraan.


(mei/dnu)
FOKUS BERITA: Demo 4 November Ricuh
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed