Bertemu Dubes Arab Saudi, Pimpinan DPR Bahas Kuota Haji

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 16 Nov 2016 20:15 WIB
Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom
Jakarta - Ketua DPR Ade Komarudin (Akom), bertemu dengan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi, Osama Mohammed Alshuaibi (sebelumnya ditulis Mustafa Ibrahim Al Mubarak) di Gedung DPR. Salah satu bahasan dalam petemuan tertutup itu adalah kuota jemaah haji.

"Tahun ini kita ingin lebih baik lagi, tentang kuota, tentang kesehatan, tentang tenda, segala macam," Kata Akom kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (16/11/2016).

Akom didampingi Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, dan beberapa anggota komisi lain. Setelah pertemuan, Akom optimistis kuota haji Indonesia akan kembali seperti semula di tahun 2017, setelah dipotong 20 persen.

"Saya optimis bisa ditambah, saya belum bisa pastikan tapi optimis," kata Akom.

Osama menyampaikan, Kerajaan Arab Saudi akan mengembalikan kuota Indonesia setelah perbaikan Masjid Haram Selesai.

"Kami sampaikan bahwa pemerintah Arab Saudi bersedia merespon untuk penambahan, pengembalian kuota yang selama ini dikurangi 20 persen, akan dikembalikan seperti semula setelah selesainya renovasi dan perbaikan Masjidil Harom," kata Osama.

Wakil komisi VII DPR Sodik Mudjahid, yang ikut pertemuan mengatakan akan terus mengawal proses pengembalian kuota jemaah haji Indonesia. Dia akan berkomunikasi dengan Kementerian Agama.

"Dari pengalaman yang sudah-sudah, tidak bisa dipegang itu (Janji Kerajaan Arab Saudi). Kepastiannya, maka akan kita kejar Menag (Menteri Agama), dan jangan terlalu berharap di 2017 itu," kata Sidik kepada Wartawan.

Sebelumnya, detikcom menuliskan nama Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia adalah Mustafa Ibrahim Al Mubarak. Detikcom meralat kesalahan tersebut pada Kamis (17/11) pukul 04.54 WIB dan mengganti nama Mustafa dengan nama Osama Mohammed Alshuaibi. (imk/imk)