Mengintip Jasa Penghulu Nikah Siri di Kramat Jati

Nugroho Tri Laksono - detikNews
Rabu, 16 Nov 2016 19:48 WIB
Foto: Nugroho Tri Laksono/detikcom
Jakarta - Berada di tengah permukiman padat penduduk, lokasi kontrakan ini memang cukup sulit dijangkau. Kontrakan berukuran 3x4 itu dihuni pria berinisial NF.

Kabarnya, NF biasa menyelenggarakan jasa pernikahan bagi orang yang hendak melakukan nikah secara siri maupun tidak resmi atau ilegal. Tak ada spanduk atau plang yang mencirikan jika tempat ini digunakan sebagai tempat nikah.

Pada Rabu (16/11/2016), detikcom mencoba menyambangi kediaman NF. Dia dikenal oleh warga sekitar sebagai seorang ustaz dan diketahui sebagai penghulu nikah. NF mengaku bersedia menikahkan pasangan yang hendak menikah dengan cara pintas hanya untuk membantu para pasangan calon suami-istri yang meminta dinikahkan tanpa persyaratan yang berat.

Mengintip Jasa Penghulu Nikah Siri di Kramat JatiFoto: Nugroho Tri Laksono/detikcom


"Saya hanya ingin membantu saja kok. Siapa yang bisa menutupi rahasia orang, besok ditutupi Gusti Allah," ujar NF di kontrakannya di daerah Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (16/11/2016).

Dia menyebut tarif yang dikenakan untuk melakukan pernikahan yaitu Rp 850 ribu hingga Rp 1,5 juta. Besarnya biaya tersebut tergantung dari persyaratan yang dibawa oleh para calon pengantin yang hendak menikah. Para calon pasangan tak perlu membawa syarat yang rumit untuk melakukan pernikahan, cukup foto berukuran 2x3 sebanyak 4 lembar dan pasangan pengantin yang hendak dinikahkan.


Foto: Nugroho Tri Laksono/detikcom


"Sudah tenang saja cukup membawa photo copy KTP sama foto dan tentuin hari nikahnya. Nah saat nikah, juga bawa persyaratan buah-buahan untuk merayakan di sini," jelas NF.

"Jika kedua mempelai itu membawa saksi, itu akan lebih afdal. Tapi jika tidak, saksi dan wali hakim juga tidak apa-apa," imbuhnya.

Tak hanya itu, NF bahkan mengaku bisa menerbitkan buku nikah bagi para calon pengantin yang dinikahkannya. Namun NF mengaku buku nikah yang dikeluarkannya itu hanya berasal dari Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Selain itu, NF tak menampik ada pula pasangan calon pengantin yang masih di bawah umur. Menurutnya, hal itu tidak sulit asalkan sesuai dengan ketentuan berdasarkan tarif atau biaya nikah yang semakin mahal.

Mengintip Jasa Penghulu Nikah Siri di Kramat JatiFoto: Nugroho Tri Laksono/detikcom


"Ada buku nikah, mau berapa pun ada. Saya berani berbuat berani tanggung jawab. Pokoknya saya buatin buku nikah juga. Buku nikah tapi alamatnya dari wilayah Indramayu, Jawa Barat ," katanya.

Pernikahan sendiri diatur dalam Undang-undang nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan. Dalam Pasal 6 ayat 1 disebutkan 'Perkawinan harus didasarkan atas persetujuan kedua calon mempelai' dan ayat 2 yaitu 'Untuk melangsungkan perkawinan seorang yang belum mencapai umur 21 (dua puluh satu) tahun harus mendapat izin kedua orang tua'.

Kemudian di Pasal 7 ayat 1 disebutkan 'Perkawinan hanya diizinkan jika pihak pria sudah mencapai umur 19 (sembilan belas) tahun dan pihak wanita sudah mencapai umur 16 (enam belas) tahun'. (dhn/dhn)