DetikNews
Senin 14 November 2016, 13:02 WIB

Bina Antarbudaya Temui JK, Minta Pemerintah Bantu Pertukaran Pelajar

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Bina Antarbudaya Temui JK, Minta Pemerintah Bantu Pertukaran Pelajar Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Organisasi nirlaba Bina Antarbudaya (AFS) meminta dukungan pemerintah dalam pertukaran antarpelajar ke luar negeri. Misinya untuk membawa pesan damai dari Indonesia ke negara-negara lain.

Hal ini dikatakan oleh Direktur Eksekutif Bina Antarbudaya Nina Nasution usai bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (14/11/2016).

"Kita minta dukungan dari pemerintah supaya juga bisa membantu. Karena selama ini pemerintah mendukungnya untuk program S2, mungkin untuk SMA juga bisa," ujar Nina.

Nina mengakui biaya pendidikan di luar negeri sangat mahal. Hal ini yang membuat organisasinya sedikit kewalahan memberangkatkan para pelajar Indonesia ke luar negeri. Pada tahun ini, AFS memberangkatkan 153 pelajar dari total 7.900 pendaftar.

Dewan Pembina Bina Antarbudaya Irid Agoes menambahkan, salah satu tujuan dari pertukaran pelajar ini untuk memberikan contoh soal hidup damai dari orang-orang berbeda.

"Harapan kita dengan mengenal satu sama lain, negara kita dan dunia menjadi lebih damai. Jadi respons dari dunia luar justru baik. Mereka biasanya hubungan antarkeluarga dan antar teman itu berlangsung seumur hidup," terangnya.

Irid mengatakan respons pihak internasional atas program pertukaran pelajar ini sangat baik. Menurutnya, Wapres JK juga mengakui pernah menjadi orang tua angkat bagi dua pelajar asing saat bersekolah di Indonesia.

Dari program orangtua angkat dan pertukaran pelajar, tercipta hubungan kekeluargaan yang sangat baik.

"Sampai sekarang anak-anak itu tetap menjadi anak beliau dan berhasil dalam kariernya. Sekarang dia jadi kapten kapal. jadi itu sangat pribadi. Yang satu lagi menjadi direktur IKEA. Itu akibatnya persaudaraan yang seperti keluarga sendiri," terangnya.
(fiq/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed