DetikNews
Jumat 11 November 2016, 14:10 WIB

HMI Ajukan Praperadilan karena 5 Anggota Ditersangkakan, Polisi: Silakan

Mei Amelia R - detikNews
HMI Ajukan Praperadilan karena 5 Anggota Ditersangkakan, Polisi: Silakan Wakapolda Brigjen Pol Suntana (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) akan mempraperadilankan polisi terkait penetapan tersangka lima kadernya di kericuhan demonstrasi 4 November. Pihak Kepolisian Daerah Metro Jaya mempersilakan dan siap mengujinya di sidang praperadilan.

"Silakan itu hak setiap orang, dalam setiap penyidikan apabila ada masyarakat yang terkait dengan penyidikan merasa ada yang tidak profesional, merasa ada-yang menurut pandangan mereka-polisi tidak profesional, silakan Anda ajukan (praperadilan)," jelas Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suntana kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (11/11/2016).

Suntana menegaskan, pihaknya sudah menyelidiki kasus tersebut dengan profesional. Penyidik, kata Suntana, sudah memiliki bukti-bukti dan fakta-fakta.

"Ya tentunya polisi bekerja sesuai dengan proses penyidikan, sudah mengumpulkan fakta-fakta, alat bukti, sudah berkeyakinan mereka bisa ditetapkan sebagai tersangka," lanjut Suntana.

(Baca juga: PB HMI Ajukan Praperadilan atas Penetapan Tersangka 5 Kadernya Senin
https://news.detik.com/berita/3342287/pb-hmi-ajukan-praperadilan-atas-penetapan-tersangka-5-kadernya-senin

Praperadilan adalah hak dari setiap tersangka dalam upaya untuk mendapatkan keadilan sebelum kasus tersebut dihadapkan ke persidangan.

"Kalau teman HMI merasa itu tidak sesuai, silakan saja dan itu memang jalurnya melalui praperadilan," tutur Suntana.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi Setiyono.

"Silakan saja, nanti kita uji di praperadilan," ujar Awi.

Sebelumnya, Koordinator Tim Kuasa Hukum HMI Muhammad Syukur Mandar mengatakan, pihaknya akan mengajukan praperadilan atas penetapan tersangka kelima kadernya, termasuk salah satunya Sekjen HMI Amijaya Halim.

"Praperadilannya kami sudah menyusun tim, kemungkinan hari Senin akan kita ajukan," ujar Syukur kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (10/11) kemarin.


(mei/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed