DetikNews
Rabu 09 November 2016, 08:17 WIB

Jadi Tersangka Demo 4 November, Sekjen HMI Tidak Ditahan

Danu Damarjati - detikNews
Jadi Tersangka Demo 4 November, Sekjen HMI Tidak Ditahan Foto: Danu Damarjati/detikcom
FOKUS BERITA: Demo 4 November Ricuh
Jakarta - Meski berstatus sebagai tersangka terkait demonstrasi 4 November yang berakhir rusuh, Sekretaris Jenderal Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Amijaya Halim tidak ditahan Polda Metro Jaya. HMI mengapresiasi langkah polisi.

"Ya, tadi malam kurang lebih pukul 23.00 WIB kami didatangi petinggi Polda, dan dia menyampaikan Sekjen tidak ditahan," kata pengacara HMI Syukur Mandar kepada detikcom, Rabu (9/11/2016).

Pihak HMI menyambut baik keputusan Polda Metro Jaya. Namun demikian, status Amijaya Halim tetap sebagai tersangka kerusuhan demonstrasi 4 November itu. Entah apa pertimbangan Polda untuk tak menahan Amijaya.

"Itu yang kita tidak tahu. Tetapi tentu kami menghargai itu, dan tetap menyiapkan langkah hukum," kata Syukur.

(Baca juga: Polisi Tetapkan Sekjen HMI Sebagai Tersangka Ricuh Demo 4 November)

Mereka ingin empat anggota HMI lainnya juga tak ditahan oleh Polisi. HMI melakukan upaya mendatangi Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Komisi III DPR untuk meminta bantuan menghadapi sikap polisi yang dinilainya defensif dan represif.

"Kami minta semua dibebaskan tetapi Wakapolda tidak mau. Dan yang satu yang tadinya saksi sudah ditingkatkan statusnya sebagai tersangka," kata dia.
(dnu/aan)
FOKUS BERITA: Demo 4 November Ricuh
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed