DetikNews
Senin 07 November 2016, 11:50 WIB

Dinamika Pilgub DKI

Janji Anies Soal Air Bersih: Percepat Sambung Pipa dan Kurangi Air Tanah

Haris Fadhil - detikNews
Janji Anies Soal Air Bersih: Percepat Sambung Pipa dan Kurangi Air Tanah Anies Baswedan di Semanan Jakbar (Foto: Haris Fadhil/detikcom)
Jakarta - Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Anies Baswedan mendengarkan curahan hati warga Semanan, Jakarta Barat tentang banjir di wilayahnya. Anies lalu memaparkan langkah-langkahnya untuk mengatasi kekurangan air bersih di Jakarta.

Curahan hati itu disampaikan warga saat Anies berkunjung ke Jalan Semanan Pasar Kipli, RT 01, RW 02, Kelurahan Semanan, Jakarta Barat, Senin (7/11/2016). Awalnya, mantan Mendikbud tersebut sempat mampir ke rumah warga yang sedang berduka karena sang istri meninggal. Setelahnya, barulah Anies menyapa warga yang sudah berkumpul.

"Perkenalkan nama saya Anies Baswedan," ucap Anies.

"Sudah tahu," jawab warga yang didominasi ibu-ibu ini.

Anies Baswedan di Semanan JakbarFoto: Haris Fadhil/detikcom
Anies Baswedan di Semanan Jakbar


Anies lalu memaparkan 4 program utamanya yaitu soal harga kebutuhan pokok, lapangan pekerjaan, jaminan kesehatan, serta jaminan pendidikan. Warga kemudian dialog langsung dengan Anies.

"Masyarakat butuh air bersih, sampai sekarang belum ada. Mohon diperhatikan ya pak," kata seorang warga bernama Hamid.

Anies menjelaskan bahwa air bersih masih menjadi salah satu masalah di Jakarta. Dia lalu memberi janji-janji untuk menuntaskan masalah ini dalam 5 tahun.

"Kita berencana dalam 5 tahun kita menargetkan pelanggan PAM naik 2 kali lipat. Kita ingin mempercepat penyambungan pipa dan pengurangan penggunaan air tanah. Nantinya kita akan subsidi 80 persen untuk rumah di bawah 150 meter persegi dan kita prioritaskan," jawab Anies.

Anies Baswedan di Semanan JakbarFoto: Haris Fadhil/detikcom
Anies Baswedan di Semanan Jakbar


Seorang warga bernama Hadi Munif juga curhat ke Anies terkait drainase yang kurang baik sehingga masih banjir. Cagub yang diusung PKS dan Gerindra ini pun memaparkan programnya.

"Masalah banjir, kita ada program pembuatan sumur resapan lebih banyak. Banjir itu bukan bencana alam, itu masalah pengaturan serapan air. Kemudian aliran sungai kita lebarkan," ucapnya.

Anies Baswedan di Semanan JakbarFoto: Haris Fadhil/detikcom
Anies Baswedan di Semanan Jakbar



(imk/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed