DetikNews
Kamis 03 November 2016, 18:02 WIB

Massa Aksi Demo 4 November dari Daerah Terus Berdatangan di Istiqlal

Andhika Prasetia - detikNews
Massa Aksi Demo 4 November dari Daerah Terus Berdatangan di Istiqlal Foto: Peserta aksi dari daerah di Masjid Istiqlal (Andhika/detikcom)
Jakarta - Masjid Istiqlal Jakarta Pusat merupakan salah satu titik kumpul para peserta demo yang akan dilangsungkan Jumat, 4 November 2016 besok. Sejumlah massa terlihat berdatangan di lokasi.

Pantauan detikcom sejak pukul 15.30 WIB hingga 17.30 WIB sejumlah peserta demo sekitar 300 orang mulai terlihat memadati Masjid Istiqlal, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis (3/11/2016).

Para peserta terlihat datang secara perorangan dan berkelompok dari berbagai macam daerah. Wahidin (57), salah seorang peserta dari Bengkulu datang ke lokasi sendirian menggunakan bus. Ia mengaku akan mengikuti aksi 4 November.

"Insya Allah besok ikut, saya sudah jauh-jauh dari Bengkulu, tapi nanti malam saya tidur di rumah saudara dekat Pasar Senen," kata Wahidin.
Massa Aksi Demo 4 November dari Daerah Terus Berdatangan di IstiqlalFoto: Suasana di Masjid Istiqlal (Andhika/detikcom)

Sementara itu, Fathir (23), salah seorang peserta dari Karawang, Jawa Barat mengatakan ia tiba di Masjid Istiqlal sejak tadi pagi dengan menggunakan bus. Fathir menyampaikan akan di Jakarta sampai aksi tersebut selesai.

"Ini kami datang bersepuluh menggunakan bus dari Karawang, patungan 70 ribu per orang. Rencananya menginap sampai demo selesai," ujarnya.

Peserta aksi lainnya, Agus Widodo, sudah tiba di Masjid Istiqlal dari Solo. Dia datang bersama temannya 8 orang menggunakan kereta pukul 05.00 WIB pagi dan tiba di Stasiun Senen.

"Infonya teman-teman lain banyak rombongan dari Solo, tapi saya datang ber-9 saja," ujarnya.

Agus datang dengan biaya dan atas inisiatif sendiri. Dia meyakini ucapan Ahok yang berpidato menyebut 'dibohongin pakai Alquran' adalah penistaan terhadap kita sucinya. Karena itu dia ikut aksi 4 November.

"Kayaknya besok abis demo langsung pulang," ucap Agus.
Massa Aksi Demo 4 November dari Daerah Terus Berdatangan di IstiqlalFoto: Suasana di Masjid Istiqlal (Andhika/detikcom)

Pantauan detikcom di lokasi, memang belum terlihat bertambahnya jumlah peserta demo yang signifikan di masjid. Beberapa sudut masjid masih sepi, terlihat juga beberapa peserta yang menyantap makanan secara terpisah. Mereka yang sudah datang memang dalam kelompok kecil, belum massa besar.
Massa Aksi Demo 4 November dari Daerah Terus Berdatangan di IstiqlalFoto: Suasana massa di Petamburan (Hasan Al Habshy/detikcom)

Selain di Masjid Istiqlal, sejumlah masjid di Jakarta juga mulai kedatangan massa yang akan berdemonstrasi besok. Salah satunya di Masjid Al Islhah di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat.
Massa Aksi Demo 4 November dari Daerah Terus Berdatangan di IstiqlalFoto: Peserta Aksi di Petamburan (Hasan Al Habshy/detikcom)

(dkp/miq)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed