Tanggapi Pernyataan SBY, Jokowi: Sangat Bagus, Beri Masukan ke Pemerintah

Ikhwanul Khabibi - detikNews
Kamis, 03 Nov 2016 16:10 WIB
Presiden Joko Widodo bersama Wapres Jusuf Kalla di Istana Merdeka, Kamis (4/11/2016). Foto: Ray Jordan/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo menanggapi positif pidato Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas, Bogor, Rabu (2/11). Jokowi menilai pernyataan SBY positif untuk memberi masukan kepada pemerintah.

"Bagus, sangat bagus. Ya kan memberi masukan kepada pemerintah, bagus sangat bagus," ujar Jokowi memberikan keterangan kepada wartawan di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (3/11/20160.

SBY dalam jumpa pers khusus di Cikeas menyoroti sejumlah hal termasuk demo 4 November. Menurut SBY, demo merupakan sarana berdemokrasi untuk menyatakan pendapat.

Karena itu, SBY meminta agar pemerintah tidak reaktif terhadap demonstrasi. "Unjuk rasa ini yang tertib adalah unjuk rasa yang damai sesuai aturan dan tidak merusak. Kalau destruktif, menangis kita semua," kata SBY.

SBY juga menyoroti dugaan hilangnya dokumen TPF Munir. SBY gusar kala Jaksa Agung menghubunginya. Dia menegaskan ikut membantu pemerintah dengan memberikan salinan dokumen TPF.

"Begini gundahnya, ini nggak salah negara, kalau saya justru dijadikan tersangka pembunuhan Munir? Nggak kebalik dunia ini jika SBY terlibat dalam konspirasi pembunuhan Munir, come on!" tutur SBY.


(fdn/tor)