DetikNews
Selasa 01 November 2016, 10:32 WIB

Duh! Di Banten, Bantuan Rakyat Jelata Dikorup Petugas Loket Pos

Andi Saputra - detikNews
Duh! Di Banten, Bantuan Rakyat Jelata Dikorup Petugas Loket Pos Ilustrasi (ari/detikcom)
Serang - Bagi sebagian orang, mungkin uang ratusan ribu rupiah tidak terlalu berarti. Tapi bagi rakyat jelata di Banten, uang itu sangatlah mempunyai nilai untuk menyambung hidup sehari-hari. Tapi apa daya, uang bantuan itu malah dikorup oleh petugas loket pos.

Kasus bermula saat PT Pos Indonesia mendapatkan tugas untuk menyalurkan dana dari pemerintah bagi rakyat miskin dalam bentuk Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS). Nah, salah satunya adalah diperuntukkan bagi warga Tigaraksa, Tangerang, Banten untuk tahun anggaran 2015.

Tapi apa lacur, dana buat rakyat jelata itu malah dimainkan. Petugas loket Kantor Pos Tigaraksa, Azwar Putra dan tiga rekannya memanipulasi anggaran itu sedemikian rupa. Dengan serangkaian permainan data, seolah-olah anggaran disalurkan ke yang berhak, padahal masuk kantong mereka. Untuk Azwar Putera, ia mengantongi uang Rp 79 juta.

Belakangan, kasus ini terbongkar dan keempatnya lalu diadili. Pada Agustus 2016, Azwar Putra dihukum 2 tahun dan 2 bulan penjara. Vonis itu lalu diajukan banding oleh jaksa.

"Menjatuhkan pidana kepada Azwar Putra oleh karena itu dengan pidana penjara selama 3 tahun dan 2 bulan," ujar majelis tinggi sebagaimana dilansir website Mahkamah Agung (MA), Selasa (1/11/2016).

Selain itu, Azwar juga dihukum mengembalikan uang Rp 79 juta yang dikorupsinya dan sebagian telah dikembalikan. Azwar diwajibkan membayar sisanya bila tak ingin hukumannya ditambah selama 6 bulan kurungan.

"Jumlah total uang yang telah dibayarkan akan diperhitungkan secara proporsional sebagai pengurangan terhadap pengganti pidana uang pengganti," putus majelis yang diketuai Guntur P Joko Lelono dengan anggota Fontian Munzil dan Dermawan S Djamian.
(asp/Hbb)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed