Mengenal Salero dan Principe, Dua Kuda yang Ditunggangi Prabowo serta Jokowi

Ikhwanul Khabibi - detikNews
Senin, 31 Okt 2016 16:04 WIB
Foto: Ikhwanul Habibi/detikcom
Jakarta - Joko Widodo (Jokowi) memenuhi janjinya kepada Prabowo Subianto yang pernah terucap di jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada 17 Oktober 2014 lalu. Saat itu Jokowi bermaksud menyerahkan undangan pelantikan dirinya sebagai Presiden ke-7 untuk Prabowo.

Prabowo yang juga Ketua Umum Partai Gerindra itu pun berjanji hadir. Sebagai gantinya Prabowo mengundang Jokowi ke kediamannya di kampung Bojong Koneng, Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Jokowi menerima undangan tersebut. Tak hanya memenuhi undangan, secara bercanda Jokowi juga akan belajar naik kuda kepada Prabowo.

Hari ini Jokowi memenuhi janji tersebut, bertamu ke Hambalang dan naik kuda bersama sang sohibul bait, Prabowo Subianto. "Saya datang 2 tahun yang lalu di Kebayoran, saya janji saat itu akan datang di tempat tinggal beliau di Hambalang Hari ini saya memenuhi janji itu," kata Jokowi kepada wartawan di kediaman Prabowo, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Senin (31/10/2016).

Mengenal Salero dan Principe, Dua Kuda yang Ditunggangi Prabowo serta JokowiFoto: Ikhwanul Habibi/detikcom


Jokowi yang didampingi Menteri Koordinator bidang Maritim Luhut Binsar Pandjaitan kemudian melakukan pertemuan tertutup dengan Prabowo. Usai melakukan pertemuan tertutup sambil bersantap siang dengan menu nasi goreng, Prabowo mengajak Jokowi ke halaman rumah.

Di halaman sudah tersedia dua ekor kuda berwarna cokelat dan putih. Mengenakan topi koboi pemberian Prabowo, Jokowi naik ke kuda warna putih yang bernama Salero. Adapun Prabowo naik Principe, sembrani warna coklat kelangenan Prabowo.

Jenis kuda apa Salero dan Principe?

Dalam catatan detikcom, Principe adalah kuda jenis Lusitano keturunan Portugal. Principe yang dalam bahasa Portugis berarti Pangeran juga didatangkan langsung oleh Prabowo dari Purtugal.

Salero dan Principe adalah dua dari 4 kuda kelangenan Prabowo Subianto. Principe, kuda gagah nan lincah ini didatangkan langsung dari Portugal. Dengan postur tinggi besar, harga seekor kuda bisa mencapai Rp 3 miliar. (Baca juga: Pesan Ekonomi Kerakyatan Prabowo dari Atas Kuda Seharga Rp 3 Miliar)

Di bawah kendali Prabowo kaki-kaki kuda Principe yang berambut lebat itu lincah. Berjalan miring, berlari kecil mengikuti kendali sang tuan. Adapun Salero yang ditunggani Jokowi hanya berjalan beberapa langkah mengikuti sang pawang.

Lima menit kemudian Jokowi turun dari punggung Salero, begitu juga Prabowo menyerahkan kekang tali Principe kepada pengasuhnya. "Ya saya kan ringan, tadi saya lihat kuda tersenyum," kata Jokowi memberikan testimoni sesaat setelah turun dari pelana Salero.

Menurut Prabowo, Jokowi memiliki bakat naik kuda karena memiliki kelebihan yakni badannya ringan. "Tadi saya beri topi dan beliau punya bakat naik kuda karena punya kelebihan badannya ringan," kata Prabowo.



(kha/erd)