Sidang Vonis Jessica

Dari Mana Jessica Dapat Sianida? Hakim: Hanya Terdakwa yang Tahu

Rina Atriana - detikNews
Kamis, 27 Okt 2016 16:31 WIB
Jessica/ Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Majelis hakim persidangan kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin, dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso, berpendapat Jessica adalah orang yang paling dominan menaruh racun di kopi Mirna. Menurutnya, kopi Mirna lebih lama bersama Jessica sebelum Mirna datang.

"Bahwa untuk membuktikan dari mana didapatkan sianida, hal itu dapat dijawab dengan karena sianida dapat dibeli secara ilegal di pasar gelap baik dalam bentuk cair atau padat," ujar hakim Binsar Gultom, di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus), Jl Bungur Besar Raya, Jakarta, Kamis (27/10/2016).

Binsar mengatakan, sianida bisa dibeli di perkambungan nelayan atau di perkampungan penambang emas. Sianida mudah dibeli karena banyak kasus pembunuhan di Indonesia yang menggunakan sianida atau racun potas seperti yang dijual di perkampungan nelayan.

"Mengenai dari mana sianida didapat, terdakwa lebih tahu untuk menjawab dari mana sianida itu diperoleh," ucapnya.

"Bahkan di Depok ada kasus pembunuhan dengan sianida karena terinspirasi dengan pembunuhan Mirna yang disiarkan media televisi," imbuhnya.

Sedangkan untuk siapa yang memasukan racun ke kopi tersebut, Binsar mengatakan tidak ada yang melihat yang memasukan. Namun, hakim Binsar berpendapat, Jessica merupakan orang yang paling lama bersama kopi tersebut.

"Terdakwa merupakan paling dominan karena paling lama bersama kopi tersebut," ucapnya. (rvk/fjp)