Sidang Vonis Jessica

Hakim Sebut Keterangan Sahabat Jessica di Australia Sah Sebagai Alat Bukti

Nur Khafifah - detikNews
Kamis, 27 Okt 2016 13:46 WIB
Jessica Kumala Wongso/ Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Kuasa hukum Jessica Kumala Wongso selalu mempermasalahkan saksi-saksi yang dihadirkan oleh jaksa penuntut umum. Salah satu yang paling ditentang adalah saksi Kristie Louise Cart yang merupakan sahabat Jessica di Australia.

"Sesuai KUHAP mensyaratkan, saksi tidak harus dipanggil karena tempatnya jauh, dengan begitu keterangan saksi Kristie bisa dijadikan alat bukti dan alat bukti petunjuk," ujar hakim Partahi, saat membacakan pertimbangan putusan, di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus), Jl Bungur Besar Raya, Kamis (27/8/2016).

Partahi menegaskan keterangan Kristie yang tidak di bawah sumpah karena tidak hadir dalam sidang tetap menjadikan keterangan Kristie sebagai alat bukti bahkan bisa dijadikan petunjuk.

"Fakta meunjukkan Jessica benar bekerja di ambulans NSW bahkan saksi Kristie ternyata keterangannya sesuai dengan fakta," ucapnya.

Sebelumnya, kuasa hukum Jessica mempermasalahkan mengapa jaksa menjadikan Kristie sebagai saksi. Padahal Cristie tidak menyangkut ke pokok perkara. Keterangan Kristie pun disangsikan tim Jessica karena dia tidak disumpah dalam sidang.



(kff/rvk)