ADVERTISEMENT

Kemdikbud Luncurkan Aplikasi Belajar Online Paket C

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews
Jumat, 21 Okt 2016 05:08 WIB
Ilustrasi Ujian Paket C (Foto: Hasan Alhabshy/detikcom)
Palu - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meluncurkan dua aplikasi online buatan Ditjen Paud dan Dikmas. Salah satunya aplikasi pembelajaran online untuk program sekolah kesetaraan Paket C.

Aplikasi ini diluncurkan pada peringatan Hari Aksara Internasional di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (20/10/2016). Hadir saat peluncuran Dirjen Paud dan Dikmas Kemdikbud Harris Iskandar dan Deputi Koordinasi Bidang Pendidikan dan Agama Kemdikbud Agus Sartono

Selain meluncurkan, juga dilakukan uji coba terhadap kedua aplikasi. Masing-masing aplikasi dinamai Aplikasi Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket C Dalam Jaringan (Online), dan Donasi Buku TBM Online.

"Dengan ini belajar bisa dari jarak jauh. Bisa mengunakan komputer, bahkan HP. Saya yakin peserta belajar punya HP," kata Agus saat melakukan telewicara dengan para pegiat pendidikan di halaman kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Kamis (20/10).

Agus menitipkan pesan agar aplikasi ini dapat dikembangkan lebih maksimal. Sehingga dalam penggunannya dapat mencakup daerah terpencil di Indonesia.

"Jangan sampai setelah diresmikan, besoknya berhenti. Belajar kan juga bisa mamakai internet," sambungnya.

Selain itu pihaknya juga memberikan penghargaan kepada para tokoh yang peduli terhadap upaya penuntasan tuna aksara di Indonesia, serta penghargaan kepada satuan pendidikan nonformal berprestasi.

Tidak lupa dalam menyukseskan Program Indonesia Pintar (PIP), pada kesempatan ini Kemendikbud membagikan secara simbolis Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada tujuh peserta didik program pendidikan kesetaraan Paket A, B, dan C.

Pada tahun ini puncak acara Hari Aksara Internasional dimeriahkan Festival Budaya Baca, lokakarya yang mengundang komunitas literasi dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM).

Acara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah kepala dinas dan pengambil kebijakan di daerah, dan pameran hasil karya warga belajar keaksaraan dan lomba-lomba keaksaraan. (edo/rna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT