Penyandang Disabilitas Butuh Fasilitas-fasilitas Ini di Bus TransJakarta

Aditya Mardiastuti - detikNews
Rabu, 19 Okt 2016 21:02 WIB
Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom
Jakarta - PT Transjakarta kini menyediakan layanan penjemputan dan halte yang akses bagi difabel. Lalu apa masukan dari kaum difabel?

Salah satu penyandang tuna daksa bernama Lina sempat mencoba kendaraan TransJakarta Cares. Dia mengusulkan untuk menambah pegangan pada sisi kanan-kiri papan landasan kursi roda.

"Kalau saya sih bilang pas kursi roda (papan untuk tanjakan) ada pegangan di kanan kirinya. Tadi waktu nyoba agak tinggi juga dan ngeri jatuh. Ada belok dikit pasti jatuh," kata Lina usai peresmian bus TransJakarta di Gedung Balai Kota, Jl Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (19/10/2016).

Tak hanya soal pegangan, Lina juga merasakan ketika naik mobil TransJakarta Cares dia merasa ruang baginya terlalu sempit. Dia pun mengusulkan agar bangku di depannya didesain agar lebih maju.

"Pas di dalam sempit, kaki saya nekuk. Mungkin bangku depan bisa agak dimajuin. Saya juga pengennya ada pegangan supaya bisa naik turun sendiri," kata warga Halim, Jakarta Timur itu.

Lina juga punya pengalaman buruk ketika menggunakan bus TransJakarta. Menurutnya halte bus TransJakarta terlalu tinggi dan curam sehingga belum ramah untuk penyandang disabilitas.

"Saya cuma sekali naik bus TransJ ngeri naiknya. Pas ke Ancol haltenya tinggi banget, meski akses tapi curam banget. Naik berat, turunnya ngeri nyelonong," katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Sikdam Hasim yang kerap menggunakan angkutan umum seperti bus dan kereta api listrik (KRL) ke tempat kerjanya. Penyandang tuna netra ini mengeluhkan belum bersahabatnya angkutan umum di Jakarta.
Selanjutnya
Halaman
1 2