DetikNews
Minggu 16 Oktober 2016, 10:34 WIB

Gunakan Pukat Harimau, 2 Kapal Ikan Vietnam Ditangkap di Natuna

Dhani Irawan - detikNews
Gunakan Pukat Harimau, 2 Kapal Ikan Vietnam Ditangkap di Natuna Foto: Dok. KRI Silas Papare-386
Kepulauan Riau - Dua kapal ikan berbendera Vietnam ditangkap di perairan Natuna, Kepulauan Riau. Kapal asing itu ditangkap karena menggunakan pukat harimau.

Penangkapan itu dilakukan oleh KRI Silas Papare 386 (KRI SRE-386) yang dikomandani Letkol Laut (P) Wahid Ismanto pada 14 Oktober lalu.

Foto: Dok. KRI Silas Papare-386Foto: Dok. KRI Silas Papare-386



"Jadi kapal ikan asing itu dideteksi oleh KRI SRE-386 dari jarak sekitar 5,5 mil. Setelah didekati ternyata kedua kapal ikan asing berbendera Vietnam sedang menarik jaring trawl (pukat)," kata Wahid saat dikonfirmasi, Minggu (16/10/2016).

Dua kapal asing itu bernomor lambung BV 92764 TS berisi 3 orang anak buah kapal (ABK) dengan nakhoda Nguyen Tranh Van dan kapal satunya bernomor lambung BV 92765 TS dengan jumlah ABK 12 orang dan dinakhodai Nguyen Van Nguyui. Kedua kapal itu lalu diperintahkan merapat ke KRI SRE-386.

Foto: Dok. KRI Silas Papare-386Foto: Dok. KRI Silas Papare-386



"Setelah dilaksanakan pemeriksaan, ternyata tidak dilengkapi dengan dokumen yang sah," ujar Wahid.

Kedua kapal itu lalu dibawa ke dermaga Posal Sabangmawang Lanal Ranai untuk pemeriksaan lebih lanjut. Perairan Natuna memang seringkali menjadi lokasi kapal-kapal asing yang melakukan penangkapan ikan secara ilegal sehingga membutuhkan pengawasan yang lebih intensif.

Foto: Dok. KRI Silas Papare-386Foto: Dok. KRI Silas Papare-386




(dhn/bal)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed