Melihat Indahnya Masjid Oesman Al-Khair yang Akan Diresmikan Jokowi

Andhika Prasetia - detikNews
Jumat, 14 Okt 2016 15:10 WIB
Foto: Masjid Oesman Al-Khair di Kalimantan Barat (Andhika Prasetia/detikcom)
Kab. Kayong Utara - Sebuah masjid dibangun indah di atas permukaan laut, di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. Masjid yang dibangun sejak tahun 2012 ini rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo Sabtu (15/10) besok.

Nama masjid itu adalah Masjid Oesman Al-Khair. Tepatnya berada di Jalan Kota Karang, Kelurahan Sutra, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. Akses darat menuju Masjid Oesman bisa ditempuh sejauh 80 kilometer dari Bandara Rahadi Oesman Ketapang atau dapat ditempuh sejauh 325 kilometer dari Pontianak. Bisa juga dengan perjalanan laut selama 6 jam dari Pontianak.

Foto: Masjid Oesman Al-Khair di Kalimantan Barat (Andhika Prasetia/detikcom)Foto: Masjid Oesman Al-Khair di Kalimantan Barat (Andhika Prasetia/detikcom)

Masjid yang berwarna putih itu dibangun dengan arsitektur mirip Masjid Apung Arrahmah di Jeddah, Saudi Arabia. Masjid Oesman menyajikan pemandangan indah, terutama di sore hari. Hembusan angin sepoi-sepoi dan indahnya kemegahan masjid, membuat para pengunjung betah berlama-lama di masjid.

Bupati Kayong Utara, Hildi Hamid bercerita pembangunan masjid itu bermula dari keinginan masyarakat yang ingin memperbesar Masjid Al-Qudsi yang tidak jauh dari area yang kini menjadi Masjid Oesman.

Namun saat warga hendak merenovasi Masjid Al-Qurdsi, datang Wakil Ketua MPR Oesman Sapta yang merupakan putra daerah setempat menawarkan agar membangun masjid baru di atas tanah miliknya.

"Oleh Pak Oesman, tanah tersebut dihibahkan kepada yayasan. Kemudian di dalam rencana pembangunan, kami kesulitan dana. Karena saat itu Kabupaten ini baru saja mekar. Kemudian kita masih banyak membutuhkan dana. Oleh Pak Oesman saat itu ditawarkan untuk menggunakan dana pribadi beliau dan dana Pemkab," kata Hildi saat berbincang di Sukadana, Kab. Kayong Utara, Kalbar, Kamis (13/10/2016).

Dimulailah pembangunan sejak tahun 2012 atas bantuan Oesman Sapta. Warga sekitar lalu bermusyawarah untuk menentukan nama dari masjid yang bakal menjadi kebanggaan baru warga Kalimantan Barat itu. Setelah didiskusikan, muncul agar nama Oesman menjadi nama masjid.

"Maka muncul nama 'Oesman Al-Khair'. Kebaikan dari Oesman. Karena kalau yang menilai kebaikan Oesman itu Allah. Tapi kalau kebaikan dari Oesman, artinya banyak Oesman yang lain juga," kata Hildi.
Foto: Masjid Oesman Al-Khair di Kalimantan Barat (Andhika Prasetia/detikcom)Foto: Masjid Oesman Al-Khair di Kalimantan Barat (Andhika Prasetia/detikcom)

Masjid itu kini sudah rampung dibangun dan berdiri megah seluas 50x50 meter. Masjid yang dapat menampung hingga 3.000 jamaah itu memiliki interior bergaya Maroko. Kaligrafi di dalam masjid diukir oleh Imam Masjid Agung Yogyakarta.

Rencananya masjid ini akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dan Oesman Sapta pada Sabtu (15/10/2016) besok. Acara peresmian Masjid Oesman Al-Khair menjadi salah satu dari rangkaian kegiatan puncak acara Sail Selat Karimata 2016 di Sukadana.

"Insya Allah Pak Presiden meresmikan masjid bersama Pak Oesman Sapta setelah membuka Sail Karimata," ucap Hildi.

Oesman Sapta hari ini sudah berada di Kalbar kampung halamannya, sementara Presiden Jokowi akan bertolak ke Kalbar sore ini setelah tadi siang lebih dulu melantik Menteri dan Wakil Menteri ESDM.

Foto: Masjid Oesman Al-Khair di Kalimantan Barat (Andhika Prasetia/detikcom)Foto: Masjid Oesman Al-Khair di Kalimantan Barat (Andhika Prasetia/detikcom)
(miq/tor)