Melihat Puskesmas Keren di Kebon Jeruk yang Ramai Dibicarakan

Haris Fadhil - detikNews
Kamis, 13 Okt 2016 15:19 WIB
Foto: Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk (Haris Fadhil/detikcom)
Jakarta - Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, bikin heboh di media sosial. Banyak yang memuji fasilitas kesehatan ini keren dengan berbagai fasilitas yang disediakan. Seperti apa?

detikcom menyambangi Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk, Jalan Raya Kebon Jeruk No 2, Jakarta Barat, Kamis (13/10/2016). Puskesmas ini merupakan bangunan 4 lantai yang terlihat asri dipenuhi bunga dan pepohonan dan ada juga kolam ikan.

Foto: Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk (Haris Fadhil/detikcom)Foto: Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk (Haris Fadhil/detikcom)

Masuk ke dalam gedung puskesmas, akan ada petugas keamanan yang siaga dan dengan ramah mengarahkan masyarakat yang datang untuk mendapat pelayanan yang tepat serta mengambil nomor antrean di mesin. Sistem antrean di rumah sakit ini memang tidak lagi manual.

Foto: Suasana di Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk (Haris Fadhil/detikcom)Foto: Suasana di Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk (Haris Fadhil/detikcom)

Lantai 1 puskesmas ini dikhususkan bagi lansia (di atas usia 60 tahun). Di sini ada loket pendaftaran, costumer service untuk pemberian informasi dan penanganan keluhan pasien dan tentunya pelayanan bagi lansia dan pasien dengan penyakit tidak menular.

Foto: Suasana di Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk (Haris Fadhil/detikcom)Foto: Suasana di Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk (Haris Fadhil/detikcom)

Tidak tanggung-tanggung, di lantai 1 ini ada ruangan 'Pokemonss' yang merupakan akronim dari Poli Kesehatan Manula One Stop Service. Jadi para manula tidak akan kerepotan untuk mendapatkan pelayanan karena diperlakukan spesial.

Lantai 1 untuk pelayanan lansia (Haris Fadhil/detikcom)Lantai 1 untuk pelayanan lansia (Haris Fadhil/detikcom)

"Jadi kalau lansia itu daftarnya di lantai 1, uji labnya di ruang lansia, ambil obatnya juga di ruang lansia, jadi tidak perlu ke mana-mana, untuk pasien penyakit tidak menular (PTM) juga dilayani di lantai 1, tepatnya di sebelah ruang pelayanan lansia. Karena biasanya pasien PTM itu juga lansia, maka namanya disingkat Pokemonss (poli kesehatan lansia one stop service). Itu inovasi untuk membuat sesuatu yang menarik, karena kemarin sempat heboh Pokemon Go, dan sekarang lagi dilombakan di tingkat provinsi untuk lomba gugus kendali mutu peningkatan mutu kualitas layanan. Apotek juga di lantai 1 dan klinik konsultasi sanitasi," jelas Kepala Legal dan Humas Puskesmas Kebon Jeruk Marzunanta saat berbincang dengan detikcom di lokasi.

Foto: Puskesmas ini dilengkapi free wifi (Haris Fadhil/detikcom)Foto: Puskesmas ini dilengkapi free wifi (Haris Fadhil/detikcom)

Marzunanta mengatakan, seringkali para lansia kerepotan mendapatkan pelayanan saat datang ke puskesmas. Misalnya saja naik turun tangga, atau mengantre lama di lift. Dengan adanya program Pokemonss ini, para lansia dapat dilayani dengan baik mulai dari proses pendaftaran, pemeriksaan oleh dokter, hingga pengambilan obat.

Foto: Anak-anak riang bermain (Haris Fadhil/detikcom)Foto: Anak-anak riang bermain (Haris Fadhil/detikcom)

Di lantai 2 rumah sakit ada loket pendaftaran pasien umum selain lansia, ruang bersalin, laboratorium, pemeriksaan KB dan ruang pemeriksaan serta perawatan bayi. Lalu di lantai 3 ada poli umum, poli pelayanan kesehatan reproduksi remaja, poli gigi, poli infeksi menular seksual, hingga klinik konsultasi gizi. Sedangkan lantai 4 diperuntukkan untuk manajemen rumah sakit.

Foto: Warga memanfaatkan charger box untuk mengisi daya HP (Haris Fadhil/detikcom)Foto: Warga memanfaatkan charger box untuk mengisi daya HP (Haris Fadhil/detikcom)

Di Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk ini juga banyak fasilitas penunjang yang sangat berguna. Di lantai 2, 3 dan 4 terdapat musala dan ada juga tempat bermain anak. Di tiap lantai juga disediakan charger box seperti di bandara. Puskesmas ini juga disediakan free wifi. Jadi sambil menunggu resep obat atau pasien, waktu bisa dimanfaatkan untuk mengisi daya HP atau 'berselancar' di internet.

Di dekat apotek puskesmas juga ada hal menarik lainnya, yakni keberadaan taman refleksi. Marzunanta mengatakan, taman itu bisa dimanfaatkan pasien lansia untuk menjaga tubuh tetap sehat sambil menunggu resep obat selesai. Dia menyebut, cara menebus obat di puskesmas ini juga sudah bersistem digital. Jadi usai pasien diperiksa, dokter akan menginput daftar obat yang harus ditebus pasien di apotek. Pasien tinggal membayar dan mengantre untuk menebus obat.

Foto: Taman refleksi di Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk (Haris Fadhil/detikcom)Foto: Taman refleksi di Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk (Haris Fadhil/detikcom)

Marzunanta menyebut, Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk infrastrukturnya dibangun tahun 2007 dan beroperasi setahun setelahnya. Berbagai fasilitas di puskesmas ini merupakan hasil inovasi dari manajemen untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. (hri/hri)