Mufidah Kalla Buka Jogja International Batik Biennale

Sukma Indah Permana - detikNews
Rabu, 12 Okt 2016 14:16 WIB
Foto: Sukma Indah Permana/ detikcom
Yogyakarta - Istri Wapres RI, Mufidah Kalla membuka Perhelatan Jogja International Batik Biennale (JIBB) di Yogyakarta. Dalam kesempatan ini, Mufidah menorehkan malam dengan cantingnya, membatik di hadapan ratusan undangan.

"Saya melihat acara ini lebih ke edukasi yang melibatkan diskusi, simposium, workshop yang berkaitan dengan batik," kata Mufidah yang mengenakan blouse panjang berwarna pink cerah. Acara digelar di Jogja Expo Center (JEC), Banguntapan, Bantul, Rabu (12/10/2016).

Mufidah juga berpesan agar Indonesia dapat menjaga predikat batik Indonesia sebagai kekayaan tak benda warisan manusia yang diberikan UNESCO pada 2009.

"Ini merupakan pengakuan dunia internasional kepada Indonesia yang diharapkan dapat mengangkat harkat dan kesejahteraan perajin batik di Indonesia," tuturnya.

Acara JIBB yang bertaraf internasional ini digelar dengan mengusung tema 'Tradition for Inovation'. Selain menjadi sambutan untuk hari batik nasional, acara ini juga untuk memaknai anugerah Yogyakarta sebagai Kota Batik Dunia.

Anugerah ini diberikan oleh Dewan Kerajinan Dunia (World Craft Council/WCC) pada peringatan 50 tahun organisasi tersebut di Dongyang, Provinsi Zhejiang, Tiongkok pada tahun 2014 lalu.

Ketua penyelenggara JIBB, Didik Purwadi menjelaskan perhelatan yang baru pertama kali digelar ini terdiri dari berbagai rangkaian acara.

"Selain pameran di JEC dan fashion show, akan ada International Symposium of Jogja Batik City di Ambarrukmo Hotel dan workshop bagi 200 pemerhati batik baik nasional maupun internasional di Imogiri," ujar Didik. (sip/Hbb)