Jessica Wongso Dituntut 20 Tahun, Protes Keluarga Mirna dan Sorotan Australia

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Sabtu, 08 Okt 2016 10:02 WIB
Jessica Wongso Dituntut 20 Tahun, Protes Keluarga Mirna dan Sorotan Australia
Foto: Arief Ikshanudin/detikcom

Keluarga Wayan Mirna kecewa dengan langkah Jaksa Penuntut Umum yang meminta majelis hakim menjatuhkan hukuman 20 tahun penjara kepada Jessica Wongso yang didakwa telah membunuh Wayan Mirna Salihin.

Suami Mirna, Arief Soemarko, menginginkan Jessica dituntut hukuman mati atau seumur hidup. "Saya tidak puas (tuntutan jaksa). Saya teringat kepada Mirnanya. Saya ngejar Mirna sekitar setahun, kita pacaran selama 8 tahun. Saya harap keadilan itu ditegakan, Mirna telah hilang dan enggak bakal bisa kembali lagi. Bagaimana jika ini terjadi pada orang lain?" kata Arief dalam jumpa pers di Restoran Lucanda, Jln Jenderal Soedirman, Jakarta Selatan.

Arief tidak sendiri, dirinya ditemani keluarga Mirna yang lain. Sepupu Mirna Yongki, kembaran Mirna, Made Sandy Salihin, ibu mirna Ni Ketut Sianti, dan tante Mirna, Roosmiati ikut mendampingi Arief.

"Pembunuhan dengan racun harus disamakan dengan narkotik. Terdakwa Harus disumpah. Saksi berbohong langsung diproses hukum," kata Yongki.

Pihak keluarga berpandangan bahwa Jessica bersalah dalam kasus ini. Sampai saat ini, pihak kelurga masih belum bisa menerima Mirna meninggal dengan cara tragis. "Ini jahat, dia (Jesicca) diam-diam meracuni kembaran saya. Mirna nggak tahu apapun. Saya berharap saat vonis hukuman, hakim bisa melihat yang benar dan salah. Saya berharap, keluarga inginkan hukuman seberat-beratnya hukuman seumur hidup atau mati," kata Sandy.