Soal Senpi Aa Gatot, Polisi Tarik Pistol Jenis Barreta Milik Ary Suta

Mei Amelia R - detikNews
Kamis, 06 Okt 2016 12:57 WIB
Aa Gatot/ Foto: Mei Amelia/detikcom
Jakarta - Buntut kasus kepemilikan senjata api ilegal Aa Gatot Brajamusti, Bagian Pengawasan Senjata Api dan Bahan Peledak (Wasendak) Intelkam Polda Metro Jaya menarik pistol milik Ary Suta, mantan Kepala Badan Penyehatan Keuangan Nasional (BPKN).

"Sudah lama ditarik. Sejak Ary Suta diperiksa, besoknya langsung diamankan senjata apinya," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (6/10/2016).

Senjata api yang dimiliki Ary Suta adalah pistol Barreta kaliber 32 milimeter. Awi mengungkap alasan penarikam senjata api tersebut karena telah habis masa berlakunya.

"Sudah habis masa berlakunya, izinnya sudah habis sehingga ditarik oleh Wasendak," imbuh Awi.

Lebih jauh Awi mengatakan, izin kepemilikan senjata api Ary Suta adalah untuk bela diri. Izin ini diberikan atas rekomendasi dari Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Polri ketika Ary menjabat sebagai Kepala BPKN.

"Izinnya untuk bela diri kan memang untuk pejabat tinggi negara yang tugasnya bisa digolongkan berpotensi memiliki ancaman, yang bersangkutan atas rekomendasi dari Intelkam bisa disetujui Baintelkam. Semua rekomendasi kan dari kita, dan telah diseleksi," paparnya.

Terpisah, Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Budi Hermanto mengatakan, penarikan senpi dari Ary Suta itu dilakukan pada tanggal 9 September 2016 lalu.

Penyidik Subdit Resmob Polda Metro Jaya sendiri berencana meminjam senjata api tersebut ke pihak Wasendak untuk proses penyidikan kasus Aa Gatot Brajamusti.

"Wasendak kita mau pinjam senpi Ary Suta tapi belum terlaksana karena kita juga masih ada kegiatan lain," ujar Budi.

"Mau kita perlihatkan kepada Aa Gatot, apakah dia pernah melihat senjata api tersebut atau tidak," ungkap Budi saat ditanya alasan peminjaman senpi tersebut.

Ary Suta sendiri masih berstatus sebagai saksi dalam kaitannya dengan kasus Gatot Brajamusti. Nama Ary Suta disebut-sebut sebagai orang yang memberikan 2 pucuk senjata api kepada Gatot Brajamusti. (mei/rvk)