DetikNews
Senin 03 Oktober 2016, 17:32 WIB

Ahok Beli Ratusan Bus Standar Dunia untuk Gantikan Metromini dan Kopaja

Ray Jordan - detikNews
Ahok Beli Ratusan Bus Standar Dunia untuk Gantikan Metromini dan Kopaja Foto: Bus Scania baru/ Jordan detikcom
Jakarta - Menteri Perdagangan Swedia, Ann Linde datangi Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Balai Kota DKI sambil membawa protoype bus Scania jenis dek rendah (lower deck). Hasil pertemuan itu, Ahok memborong sebanyak 150 unit bus yang dibawa Ann Linde.

Pemprov DKI Jakarta menargetkan pembelian 150 unit bus itu akan tiba di Jakarta akhir tahun ini. Nantinya bus-bus baru itu akan menggantikan angkutan reguler di Jakarta seperti Metromini dan Kopaja.

"Kami mau ganti dengan bus model yang lower deck, yang ramah terhadap penyandang disabilitas dan kami juga mau lebarkan banyak trotoar kan," kata Ahok di Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2016).

Ahok mengatakan, diperkirakan 150 unit bus tersebut akan bisa digunakan pada akhir tahun ini. Bus tersebut merupakan standar dunia yang nyaman dan ramah terhadap lingkungan.

"Ini bus yang kita harapkan standar dunia. Yang lower deck dulu. Kita sudah order 150 unit. Akhir tahun sudah masuk," kata Ahok. Bus Scania itu diproduksi oleh PT United Tractors Tbk.

Ahok juga mengatakan, pihaknya juga telah memesan sebanyak 150 unit bus lagi dengan merek yang berbeda, namun tetap produksi Eropa. Untuk itu, Ahok meminta agar pemilik perusahaan angkutan umum di Jakarta mau bekerjasama dengan Pemprov DKI dan mengganti bus lama mereka dengan bus baru yang dibeli Pemprov DKI.

"Kita mainnya semua merek Eropa, yang terbaik. Saya enggak tahu kebutuhannya berapa, yang pasti kita minta semua pemegang bus yang lama semua ikut kita. Kalau enggak, bangkrut mereka. Kita mau bayar rupiah perkilometer," kata Ahok.

Pantauan detikcom, Ahok dan Ann Linde meninjau langsung bus Scania lower deck yang diparkir di halaman Balai Kota DKI Jakarta. Bus lower deck ini hanya memiliki satu pintu utama. Ketinggian bus bisa diatur untuk mempermudah akses keluar masuk penumpang, khususnya yang menggunakan kursi roda.

Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwono mengatakan satu unit bus seharga Rp 2,5 miliar. Pihaknya telah menyediakan anggaran sebesar RP 2,2 triliun untuk pembelian bus.

"Kami dapat PMP (Penyertaan Modal Pemerintah) terkumpul Rp 2,2 triliun. Kami pakai untuk pengadaan bus ini semua. Kami juga rencananya pinjaman Bank DKI," katanya.
  • Ahok Beli Ratusan Bus Standar Dunia untuk Gantikan Metromini dan Kopaja
    Foto: Bus Scania baru/ Jordan detikcom
  • Ahok Beli Ratusan Bus Standar Dunia untuk Gantikan Metromini dan Kopaja
    Foto: Bus Scania baru/ Jordan detikcom
  • Ahok Beli Ratusan Bus Standar Dunia untuk Gantikan Metromini dan Kopaja
    Foto: Bus Scania baru/ Jordan detikcom

(rjo/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed