Polisi Persoalkan Iklan Provider Bergambar Palu Arit di Lenteng Agung

Mei Amelia R - detikNews
Senin, 03 Okt 2016 13:22 WIB
Foto: Iklan di billboard yang dipersoalkan Polres Jaksel (Istimewa)
Jakarta - Polisi mempersoalkan iklan sebuah provider yang dipasang di billboard di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Iklan ini menampilkan poster film 'The Americans' yang di dalamnya terdapat siluet lambang gerakan komunis palu arit.

Siluet palu arit di iklan yang dipersoalkan tersebut adalah bagian dari poster film 'The Americans' yang dibintangi Keri Russell dan Matthew Rhys.

"Masih diselidiki, maksud dan tujuannya apa. Apakah ada unsur kesengajaan atau kelalaian," ujar Awi kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (3/10/2016).

Awi mengatakan, Polres Jakarta Selatan dan Pemkot Jakarta Selatan sudah turun ke lokasi tadi malam. Pemkot Jaksel telah menurunkan iklan tersebut.

"Anggota Polres Jaksel melaporkan adanya provider telekomunikasi yang iklan, di dalamnya ada gambar palu arit. Kapolres Jaksel sudah take action bersama Wali Kota Jakae langsung ke TKP dan menurunkan iklan tersebut," papar Awi.

Awi menambahkan, pihaknya akan memanggil pihak provider tersebut untuk penyelidikan lebih lanjut.

"Nanti akan dipanggil pihak providernya, apakah ada unsur kesengajaan atau tidak. Itu kan ada siluet-siluet gambar palu arit dan bendera Soviet di dalamnya," tambahnya.

Sebelumnya, Polsek Tanah Abang mengamankan 4 WN Malaysia yang menjual buku bergambar palu arit 'Manifesto Komunis-Karl Marx & Firedrik Engels' dalam pameran buku di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Sabtu (1/10) lalu. Enam buah buku bergambar palu arit disita polisi dalam kasus tersebut. (mei/hri)