DetikNews
Rabu 28 Sep 2016, 02:38 WIB

Menteri Siti: Hutan di Jambi Sangat Bagus Dibanding di Daerah Lain

Yudhistira Amran Saleh - detikNews
Menteri Siti: Hutan di Jambi Sangat Bagus Dibanding di Daerah Lain Foto: Yudhistira Amran
Jakarta - Saat ini hujan deras disertai petir sedang melanda Kota Jambi tepatnya di Batanghari. Hujan deras ini membuat hutan-hutan yang ada di Jambi terlihat segar karena daun pada pohon yang menghijau dan juga tumbuh subur.

Untuk itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan bahwa hutan di Jambi sangat bagus dibanding daerah lainnya. Maka dari itu, Siti berpesan agar hutan harus selalu dijaga dan dilindungi.

"Jambi hutannya termasuk yang bagus dibanding daerah-daerah lain. Kalau ada yang merusak-rusak itu diberi tahu. Kan aturan mainnya sudah ada. Papua hutannya juga oke tapi saya tidak tahu apa iya masih bagus," kata Siti Nurbaya Bakar di Kawasan REKI (Restorasi Ekosistem Indonesia), Dusun Kunangan Jaya II, Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Batanghari, Jambi, Selasa (27/9/2016).

"Maka dari itu kita semua harus menjaga lingkungan hutan kita. Menjaga kelestarian hutan kita khususnya di Jambi ini," lanjutnya.

Siti juga menjelaskan maksud kedatangannya ke Jambi khususnya daerah Batanghari adalah ingin memberikan bukti bahwa pemerintah hadir ke tengah-tengah masyarakat. Hadirnya pemerintah harus membuat masyarakat semakin taat kepada peraturan.

"Pertama untuk kestabilan, untuk secara bersama-sama teratur. Gak boleh lagi ada orang keluar rumah yang nanti ditonjok sama orang melayu. Itu gak boleh lagi. Gak boleh ribut dan harus ikut aturan. Setelah lama kami diskusikan di Jakarta dan ke sini progressnya lebih baik. Tapi itu juga tidak cukup. Kita harus sama-sama melakukan kesejahteraan," ucap Siti Nurbaya Bakar.

Era Pemerintahan Presiden Jokowi, lanjut Siti, menteri-menteri harus turun langsung dan melihat keadaan di lapangan. Dengan demikian, para menteri yang sudah turun ke lapangan akan tahu apa yang dibutuhkan oleh masyarakat khususnya yang berada di dalam hutan.

Pak Jokowi berpesan berikan kesejahterakan pada masyarakat di hutan. Beliau juga memerintahkan para menterinya untuk turun langsung ke lapangan. Melihat kondisi riil dari masyarakat seperti yang saya kerjakan saat ini," imbuhnya.

Sementara itu menurut Sekda Provinsi Jambi Ridam Riskab yang mewakili Gubernur Zumi Zola mengungkapkan kegembiraannya atas kehadiran Siti Nurbaya Bakar dan Dubes Denmark untuk Indonesia Casper Klynge ke Jambi. Ridak menegaskan bahwa hutan harus selalu dijaga.

"Kita bersyukur dan berbahagia pertemuan malam ini bisa dihadiri oleh Ibu Menteri dan Bapak Dubes. Kita memang hidup di tengah hutan. Kalau bukan kita yang melestarikan siapa lagi," tutup Ridam Riskab.
(yds/tfq)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed