Kapolda Irjen Iriawan Imbau Anggotanya Tampil Sederhana dan Tak Bermobil Mewah

Mei Amelia R - detikNews
Senin, 26 Sep 2016 18:13 WIB
Foto: Irjen M Iriawan / Amel detikcom
Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan menyatakan pihaknya siap menjalankan edaran Kapolri Jenderal Tito Karnavian soal imbauan untuk tampil sederhana dan tidak menampilkan kemewahan.

"Kita teruskan, kita sampaikan ke mereka. Makanya salah satu commander wish saya adalah itu untuk saya teruskan tentang (larangan) hedonis tadi. Kemudian berkesahajaan, sederhana, kita akan lakukan itu. Karena beliau (Kapolri) pun demikian," jelas Irjen Iriawan kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (26/9/2016).

Mantan Kapolda Jawa Barat ini mencontohkan kesederhanaan dilakukan mulai dari penampilan hingga kendaraan. Hal ini juga diharapkan diterapkan oleh ibu-ibu Bhayangkari.

"Macam-macamlah, penampilan berpakaian, kemudian kendaraan bermotor dan lain sebagainya. Banyak sekali lah, termasuk bagi para istrinya juga demikian," ungkapnya.

Terkait hal itu, lmantan Kadiv Propam itu menyampaikan akan membuat edaran khusus kepada jajarannya di Polda Metro Jaya.

Hal itu, lanjut Iriawan, akan meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap polisi yang sejalan dengan program Promoter (Profesional, Moderen dan Terpercaya) yang digaungkan oleh Kapolri. Untuk mendukung Promoter ini, ia mengimbau kepada jajarannya untuk lebih peka dan antisipatif dengan apa yang terjadi di lingkungannya.

"Kemudian harus tegas. Tadi kapolri bilang kekerasan harus dilawan, tapi tegas dengan nyata, terang dan benar tidak plinplan sehingga tidak menimbulkan masyarakat (menjadi) tidak percaya," imbuhnya.

Ia juga mengimbau agar polisi tetap bersikap humanis dan mencintai masyarakat.

"Kemudian tetap humanis, polisi harus humanis karena itu yang diinginkan oleh rakyat. Saya katakan jangan ada slogan polisi dicintai rakyat, itu kan retorika saja. Kalau kita enggak cinta sama rakyat, rakyat juga enggak cinta sama kita," pungkas Iriawan. (mei/rvk)