DetikNews
Senin 26 September 2016, 15:11 WIB

Menteri Siti: Longsor Banjarnegara karena Alih Fungsi Lahan

Jabbar Ramdhani - detikNews
Menteri Siti: Longsor Banjarnegara karena Alih Fungsi Lahan Foto: Jabbar Ramdhani/detikcom
Jakarta - Pada Minggu (25/9) pagi terjadi bencana tanah longsor di Banjarnegara, Jawa Tengah. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengatakan bahwa salah satu penyebabnya ialah vegetasi tanaman yang menurun.

"Memang akhirnya penyebabnya itu ada di bagian hulu, di mana problem gundul tanamannya. Vegetasinya jarang, tanamannya diambil sehingga vegetasi alamnya menurun," ujar Menteri Siti di kantor BPK, Jl Gatot Subroto, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (26/9/2016).

Selain hal itu, ia mengatakan bahwa faktor utama penyebabnya ialah terjadi alih fungsi lahan. Seharusnya, lereng tersebut ditanami pohon. Tapi kemudian berganti menjadi tanaman sayur-sayuran.

"(Yang) paling gawat, terjadi alih fungsi (lahan), dalam arti seharusnya tanaman pohon di lereng-lereng. Ternyata ditanam sayur-sayuran," ujar Siti.

Siti menambahkan bahwa jenis tanah di sana ialah tanah pasir. Sehingga jika ditanami tanaman sayuran akan membuat tanah turun.

Kondisi tanah menjadi mudah longsor karena saluran air yang dibuat dengan sistem vertikal kontur. Hal ini membuat aliran air menjadi sangat deras.

"Karena jenis tanahnya, pasir yang kalau ditanami sayur akan turun. Apalagi kalau cara tanamnya, seharusnya kan sejajar kontur. Tapi dia bikin saluran airnya vertikal ke kontur. Jadi run off-nya itu akan seratus persen air mengalir ke bawah. Berarti akan terjadi longsor dan banjir gede-gedean di bawah soalnya di lereng-lereng yang seperti itu," ucapnya.

Peristiwa ini mengakibatkan seorang pria bernama Nurhaidin (21) tewas tertimpa longsoran tanah. Ia tewas saat membetulkan saluran air di belakang rumah Sugianto yang berukuran 12x7 meter.

Dalam rumah tersebut ada 8 orang lainnya yang selamat. Alamat rumahnya ada di Dusun Tambak Sari, Sidengkok, Pejawaran, RT 6/5, Banjarnegara.
(Hbb/Hbb)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed