Jabat Kapolda Metro, Irjen Iriawan: Pengamanan Pilkada Nomor Satu

Idham Kholid - detikNews
Jumat, 23 Sep 2016 10:34 WIB
Pelantikan Kapolda Metro Jaya yang baru/ Foto: Idham Khalid
Jakarta - Irjen Muhammad Iriawan resmi menjabat Kapolda Metro Jaya. Menurutnya, soal pengamanan Pilkada serentak DKI Jakarta merupakan fokus utama di awal kepemimpinannya tersebut.

"Persiapan pengamanan pengamanan Pilkada, itu nomor satu. Harian biasa saja. Tentunya itemnya ada semua. Maka kami akan dalami secara seksama," kata Iriawan di Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (23/9/2016).

Iriawan menuturkan, tantangan tugas Polda Metro yang paling berat adalah pengamanan Pilkada. Iriawan mengaku jajarannya akan 'all out' dalam penanganan Pilkada wilayah Jakarta termasuk mengantisipasi konflik dan kerusuhan.

"Intinya bagaimana, suksesnya Pilkada tersebut, kalau Ibu kota aman terkendali, itu barometer dari Pilkada secara keseluruhan," ujarnya.

Soal titik-titik rawan konflik, Iriawan mengatakan pihaknya akan menggelar paparan lengkap dari masing masing pejabat utama Polda. Seperti meminta analisa intelejen, Kepala Biro Operasi dan Polres-polres.

"Saya akan dalami, saya mohon waktu. Nanti pada saatnya setelah saya memahami betul polanya. Meski begitu sudah disiapkan operasi tesebut. Kami akan cek ke lapangan. Setelah ini kami akan ke KPU untuk melihat proses pendaftaran para calon," sebutnya saat ditanya apa strategi pengamanan Pilkada.

Selain itu, Iriawan mengatakan akan melanjutkan program kontrol media sosial untuk mengurangi isu sara yang sudah diluncurkan Kapolda sebelumnya.

"Kami lanjutkan, itu perintah Kapolri kepada saya, akan kita galakkan berkaitan kontrol media sosial. sambil jalan, kami akan terus bekerjasama dengan temen-temen, bantu saya ciptakan situasi kamtibnas di Polda Metro bisa kondusif," urainya. (idh/rvk)