DetikNews
Jumat 23 September 2016, 05:18 WIB

Panasnya Pilgub DKI

None Jakarta Sylviana Murni Kini Jadi Cawagub DKI

Rini Friastuti - detikNews
None Jakarta Sylviana Murni Kini Jadi Cawagub DKI Sylviana Murni/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Sylviana Murni resmi diusung jadi calon wakil gubernur DKI Jakarta mendampingi Agus Harimurti Yudhoyono. Nama Deputi Gubernur DKI Bidang Kepariwisataan dan Kebudayaan ini memang ramai disebut dalam bursa cawagub.

"Saya siap di mana saja yang penting melayani masyarakat," kata Sylviana saat dihubungi detikcom, Kamis (22/9/2016) malam.

Saat dihubungi, Sylviana belum mendapat kepastian dirinya akan maju di Pilgub DKI. Hingga akhirnya pada sekitar pukul 02.15 WIB, Sylviana datang ke Puri Cikeas, kediaman Susilo Bambang Yudhoyono. Beberapa saat kemudian, namanya bersama Agus Yudhyono resmi diumumkan sebagai pasangan calon dari Demokrat, PPP, PKB dan PAN.

Sylviana sebelumnya sempat mengikuti fit and proper test yang diadakan Partai Gerindra untuk menjadi cawagub dari Sandiaga Uno di Pilgub DKI Jakarta 2017. Namun akhirnya Sylviana berlabuh di Koalisi Cikeas.

Lantas siapa Sylviana? Perempuan yang lahir di Jakarta 11 Oktober 57 tahun lalu ini adalah peraih gelar None Jakarta tahun 1981. Dia kemudian berkarier sebagai PNS sebagai sta penatar BP-7 DKI periode 1985-1987 dan berlanjut menjadi Staf Biro Pembinaan Mental DKI.

Karier perempuan modis ini terus meroket hingga menjadi Kepala Dinas Pendidikan Dasar DKI periode 2004-2008. Setelah itu, dia menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Pusat tertanggal 21 April 2008 hingga tahun 2012. Dengan prestasi ini, Sylviana merupakan wali kota perempuan pertama di Jakarta.



Sylviana juga pernah menjadi Plt Kasatpol PP menggantikan Effendi Anas. Saat ini Sylviana menjabat Deputi Gubernur DKI.

"Dengan berbagai pertimbangan, kebutuhan mewujudkan ketenangan di masyarakat, maka kombinasi generasi muda dan tangguh, fresh dipadu oleh seorang Ibu Sylviana. Maka dari itu disepakati pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni dengan tema Jakarta untuk Rakyat," ujar Ketum PKB Muhaimin Iskandar dalam jumpa pers di Cikeas.

Usai jumpa pers yang dihadiri elite parpol koalisi, Sylviana menolak memberi komentar. Sedangkan Agus Yudhoyono diketahui sudah lebih dulu berada di Cikeas.

"Saya ingin melayani masyarakat, saya ingin mengabdi, saya ingin jadi pelayan masyarakat," ujar Sylviana kepada detikcom.


(rni/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed