DetikNews
Rabu 21 September 2016, 19:48 WIB

Laporan Dari AS

Presiden Jokowi Akan Teken Perpres SDGs, Bappenas Jadi Koordinatornya

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Presiden Jokowi Akan Teken Perpres SDGs, Bappenas Jadi Koordinatornya Bambang Brodjonegoro (Foto: Ari Saputra)
New York - Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan 17 tujuan yang dirumuskan seluruh dunia dalam PBB. Pelaksanaannya di Indonesia akan dikoordinasi oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

"Jadi nanti kami akan menjadi koordinatornya," kata Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro saat berbincang di Hotel Westin, 42nd street, New York, Amerika Serikat, Selasa malam waktu setempat (20/9/2016).

SDGs sudah setahun dirumuskan dalam PBB. Maka itu akan segera diatur dalam Peraturan Presiden.

Bambang lalu menambahkan, program SDGs akan terintegrasi dengan rencana pembangunan nasional. Sehingga secara otomatis dari pemerintah pusat hingga daerah akan mensukseskan ketujuh belas tujuan SDGs.

Mengenai anggaran, pelaksanaan SDGs tak menggunakan APBN. Bappenas akan mencari dana di luar APBN sehingga semua pihak bisa berpartisipasi.

"Jadi kita akan libatkan civil society sampai filantropi," ungkap Bambang.

Bambang juga akan bertemu dengan UNDP (United Nations Development Programme) untuk memaparkan capaian Indonesia dalam SDGs setahun ini. Akan ada penandatanganan pula dengan sejumlah kepala daerah untuk mensukseskan SDGs.

SDGs merupakan kelanjutan dari Millenium Development Goals (MDGs). Sebelumnya pada saat MDGs dicanangkan tahun 2000, Perpres terkait itu baru terbit pada tahun 2010.



(bpn/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed