detikNews
2016/09/19 07:01:57 WIB

Panasnya Pilgub DKI

Serangan Amien Rais ke Ahok: Sontoloyo hingga Dewa Ingusan Kecil

Indah Mutiara Kami - detikNews
Halaman 1 dari 4
Serangan Amien Rais ke Ahok: Sontoloyo hingga Dewa Ingusan Kecil Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Sebagai partai dengan jumlah kursi terkecil di DKI Jakarta, PAN tidak mau hanya menjadi penonton di Pilkada 2017. Sikap tegas menolak petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dinyatakan, setidaknya lewat Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais.

Sejak awal, Amien menyatakan bahwa PAN tidak akan mendukung Ahok di Pilgub DKI 2017 meski belum tahu secara pasti siapa calon yang akan diusung. Semakin mendekati pendaftaran, mantan Ketua MPR tersebut makin sering bersuara lantang di publik soal alasan mengapa warga DKI seharusnya tidak memilih Ahok.

Berawal saat Ahok menilai khotbah keagamaan yang pernah disampaikan Amien pada 12 September kemarin bernuansa politis. Ahok menyarankan agar Amien membaca imbauan MUI yang melarang khotbah bermuatan politis.

Amien menilai Ahok tak paham dengan konteks khotbah yang dia sampaikan. Bagi Amien, khotbah yang dia sampaikan sesuai dengan konteks yang dia hadapi saat itu. Khotbahnya relevan dengan kenyataan dan Amien merasa perlu menyampaikan. Apalagi agama adalah mencakup segala hal, termasuk soal politik.

Berbagai 'julukan' pun disematkan oleh Amien ke Ahok, mulai dari 'sontoloyo' hingga 'dewa ingusan kecil'. Lalu, apa kata Ahok?

"Enggak usah (ditanggapi). Ngapain nanggepin orang tua," ujar Ahok usai menghadiri sidang di Mahkamah Konstitusi, Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (15/9/2016).

Berikut rentetan serangan Amien Rais ke Ahok, seperti dirangkum detikcom, Senin (19/9/2016):
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com