DetikNews
Minggu 18 September 2016, 02:31 WIB

AS dan Sekutu Lancarkan Serangan, Puluhan Tentara Suriah Dikabarkan Tewas

Kartika Sari Tarigan - detikNews
AS dan Sekutu Lancarkan Serangan, Puluhan Tentara Suriah Dikabarkan Tewas Ilustrasi Tentara Suriah Foto: BBC World
Jakarta - Puluhan tentara Suriah tewas dalam serangan udara koalisi yang dipimpin AS. Serangan itu dijatuhkan di markas tentara bagian timur Suriah.

"Pesawat-pesawat tempur dari koalisi Amerika itu menghantam salah satu posisi tentara Suriah. Dekat bandara Deir Ezzor," kata pemberitaan di media pemerintah setempat seperti dilansir AFP, Minggu (18/9/2016).

Dikatakan serangan itu mulai dilakukan pada pukul 5:00 waktu setempat (1400 GMT) dan menyebabkan sejumlah korban yang belum diketahui jumlahnya.

Sekutu Rusia mengatakan sebanyak 62 tentara Suriah tewas dan sedikitnya 100 orang lebih luka-luka dalam serangan yang dijatuhkan 'pesawat tempur dari koalisi anti-jihad internasional' itu.

Sementara The Syrian Observatory for Human Rights mengatakan sedikitnya 80 tentara tewas dalam serangan di Jabal Therdeh, sebelah barat daya dari bandara Deir Ezzor. Sebelumnya, diberitakan jumlah korban tewas sebanyak 30 jiwa.

Kepala Observatorium, Rami Abdel Rahman mengatakan dia tidak bisa menentukan siapa yang melakukan serangan. Tentara Suriah telah melawan serangan sengit yang dilakukan kelompok jihad ISIS di bandara militer Deir Ezzor sejak tahun lalu.

"Ini adalah serangan berbahaya dan berani terhadap negara Suriah dan tentara, dan bukti yang jelas bahwa Amerika Serikat dan sekutunya mendukung kelompok teroris Daesh," kata The Syrian Observatory for Human Rights.
(kst/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed