Laporan dari AS

Kiprahnya Diakui Dunia, Menteri Susi Dapat Penghargaan Lingkungan dari WWF

Fajar Pratama - detikNews
Sabtu, 17 Sep 2016 01:17 WIB
Menteri Susi Pudjiastuti mendapatkan penghargaan Leaders for a Living Planet dari World Wildlife Fund (WWF) di Washington DC, AS (Foto: Fajar Pratama/detikcom)
Washington DC - Kiprah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam menjaga ekosistem laut diakui oleh dunia. Susi pun mendapatkan penghargaan Leaders for a Living Planet dari World Wildlife Fund (WWF).

Penghargaan itu diberikan langsung kepada Susi di kantor WWF pusat di Washington DC, Jumat (16/9/2016) siang waktu setempat. Susi memang tengah berada di Washington DC untuk menghadiri konferensi dua hari, Our Ocean Conference 2016 di Department of State AS.

Penghargaan diberikan langsung oleh Presiden WWF Internasional Yolanda Kakabadse. Dalam sambutannya, Kakabadse menyatakan WWF selama ini telah memantau kiprah Susi dalam 1,5 tahun terakhir.

WWF menekankan peran Susi dalam pemberantasan illegal fishing, dan perlawanan terhadap Unregulated and Unreported Fishing (IUUF).

"Menteri Susi memiliki semangat yang nyata dalam melestarikan lingkungan, terutama dalam memberantas penangkapan ikan secara ilegal. Tak banyak orang yang bisa melakukan langkah seperti ini," kata Kakabadse.

Susi mengapresiasi penghargaan lingkungan ini. Dia merasa tidak sendiri dalam menjaga kelestarian ekosistem laut.

"Di awal-awal saya melaksanakan kebijakan penenggelaman kapal, saya mendapatkan kritik dari pegiat lingkungan. Kata mereka itu bisa merusak, tapi syukurlah lama-lama mereka bisa mengerti bahwa ini untuk kelestarian lingkungan," ujar Susi dalam sambutannya.

Presiden WWF Internasional Yolanda Kakabadse bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Washington DC (Foto: Fajar Pratama/detikcom)Presiden WWF Internasional Yolanda Kakabadse bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Washington DC (Foto: Fajar Pratama/detikcom)


Susi menyampaikan bahwa tugasnya masih belum selesai. Masih banyak persoalan terkait kelautan yang ada di Indonesia.

"Salah satunya mengenai banyaknya kapal-kapal yang tak teregistrasi. Mereka berlabuh di pelabuhan pelabuhan yang tidak terdaftar. Pelabuhan tikus. Ini akan terus kita kejar," kata Susi.

Turut hadir dalam acara ini Menlu Australia Julie Bishop. Namun Bishop dalam acara ini tidak menerima penghargaan seperti Susi, melainkan memberikan pidato mengenai proteksi terhadap ekosistem bawah laut.

Penghargaan dari World Wildlife Fund (WWF) yang diterima Menteri Susi Pudjiastuti di Washington DC, AS. (Foto: Fajar Pratama/detikcom)Penghargaan dari World Wildlife Fund (WWF) yang diterima Menteri Susi Pudjiastuti di Washington DC, AS. (Foto: Fajar Pratama/detikcom)


Penghargaan Leaders for a Living Planet diberikan oleh World Wildlife Fund (WWF) Internasional kepada perseorangan yang menunjukkan komitmen dan upaya yang luar biasa dalam penyelamatan planet bumi dan sumber daya alam untuk menjamin pemanfaatan yang berkelanjutan serta menginspirasi orang/pihak lain untuk berbuat yang sama dengannya.

Perseorangan tersebut dapat berasal dari pemimpin di pemerintahan, swasta, atau organisasi kemasyarakatan.

Sejak tahun 2000 hingga saat ini hampir 100 orang pemimpin di dunia dari berbagai organisasi telah memperoleh anugrah ini. (fjp/fdn)