DetikNews
Rabu 14 September 2016, 12:20 WIB

Macet di Brebes Jadi Pelajaran, Menhub : Koordinasi Antar Sektoral Penting

Eduardo Hasian Simorangkir - detikNews
Macet di Brebes Jadi Pelajaran, Menhub : Koordinasi Antar Sektoral Penting Foto: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menhub Budi Karya Sumadi (Eduardo Simorangkir/detikFinance)
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menekankan pentingnya koordinasi antar sektoral. Jika ini dijalankan, kasus macet parah seperti di wilayah Brebes, Jawa Tengah, saat libur panjang Lebaran kemarin tak akan terjadi.

"Kita tahu ada kejadian di Brebes saat Lebaran kemarin, beberapa waktu yang lalu ada masalah. Kebersamaan adalah suatu cara mengkoordinasikan, menghimpun, saling menghargai, yang akhirnya kita bisa menjalankan tugas dengan baik. Koordinasi yang baik antara stakeholder. Tidak saja berkaitan dengan sifatnya sektoral, tapi integrasi infrastruktur yang dibangun oleh PUPR," kata Budi.

Pernyataan tersebut disampaikan Budi dalam sambutannya pada acara Pameran Transportasi dan Infrastruktur Indonesia di Gedung Smesco, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (14/9/2016).

Ditekankan Budi, sinergi menjadi kata kunci pembangunan ekonomi nasional saat ini. Tidak terkecuali di bidang infrastruktur dan transportasi. Sistem transportasi yang efektif dan efisien harus ditunjang oleh infrastruktur transportasi yang baik, saling terkoneksi dan yang saling menunjang satu sama lain.

Pameran infrastruktur dan transportasi ini pun menjadi wujud kebersamaan dan koordinasi yang dilakukan antara dua kementerian ini. Selain memberikan informasi kepada masyarakat, pameran ini juga dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan keselamatan pengendara dalam bekemudi.

Pameran ini sendiri berlangsung untuk ke tiga kalinya dan dilangsungkan di tempat yang sama. Pameran kali ini berbeda dengan yang sebelumnya, karena sekarang dilaksanakan secara terpadu antara Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan. Adapun jumlah peserta yang ikut dalam pameran ini adalah 39 exhibitor.

"Ini adalah neverending activity yang gunanya untuk memberikan informasi kepada masyarakat terhadap apa yang sudah kita lakukan. Tahun depan MRT mudah-mudahan ikut juga dalam pameran ini. Terus juga semoga ada pelabuhan, Bandara Kualanamu, jalan tol Danau Toba. Jadi banyak informasi yang harus masyarakat tahu," ucap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang juga hadir di lokasi yang sama.
(hri/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed