Laporan dari Arab Saudi

Ketika Lautan Manusia Bergerak Melontar Jumrah

Rachmadin Ismail - detikNews
Rabu, 14 Sep 2016 10:34 WIB
Foto: Jemaah haji Indonesia bergerak menuju Jamarat untuk melontar jumrah (Rachmadin Ismail/detikcom)
Makkah - Usai salat Subuh, jemaah haji Indonesia bergerak menuju Jamarat untuk melontar jumrah. Ini adalah hari melontar bagi mereka yang mengambil nafar awal.

Pantauan sekitar pukul 06.00 waktu Saudi, Rabu (14/9/2016), para jemaah mulai bergerak sejak Subuh. Mereka memenuhi badan jalan menuju terowongan Moaisem.

Nyaris tak ada celah tersisa di badan jalan. Dari ujung ke ujung diisi penuh oleh manusia. Arus para jemaah tak henti hentinya mengalir seperti aliran air yang menuju hilir.

Arus para jemaah tak henti-hentinya mengalir (Rachmadin Ismail/detikcom)

Para petugas keamanan Saudi sibuk mengatur arus lalu lintas jemaah. Mereka yang datang dari pemondokan tak bisa langsung masuk arus. Sebagian ada yang harus menunggu terlebih dulu agar tak mengganggu kelancaran perjalanan jemaah lain.

"Ayo jalan, ayo jalan. Ke kanan," teriak para petugas keamanan dalam bahasa Arab.

Hari ini adalah lontar jumrah terakhir bagi para jemaah yang mengambil nafar awal. Usai melontar mereka akan kembali ke pemondokan di Makkah lalu melaksanakan tawaf ifadhah.

Bagi rombongan yang tergabung dalam kloter kepulangan awal wajib mengambil nafar awal lalu mempersiapkan kepulangan. Jemaah perdana akan pulang ke Indonesia pada tanggal 17 September 2016 mendatang.

Sementara jemaah yang mengambil nafar tsani baru akan menyelesaikan ibadah di Mina Kamis (18/9) besok. (mad/hri)