Pesawat Trigana yang Tergelincir di Wamena Buatan Tahun 1986

Ikhwanul Khabibi - detikNews
Rabu, 14 Sep 2016 05:30 WIB
Foto: Trigana Air tergelincir di Bandara Wamena Papua (Foto: Istimewa)
Foto: Trigana Air tergelincir di Bandara Wamena Papua (Foto: Istimewa)
Jakarta - Pesawat kargo milik maskapi Trigana Air tergelincir saat mendarat di Bandara Wamena, Papua. Pesawat jening Boeing 737 itu ternyata sudah berusia tua, buatan tahun 1986.

"Itu pesawat Boeing 737 Cargo buatan tahun 1986," kata Direktur Operasional Trigana Air, Capt Benny Sumaryanto kepada detikcom, Rabu (14/9/2016).

Meski berusia tua, Benny menjelaskan bahwa pesawat dalam kondisi laik terbang. Pesawat yang mengangkut BBM dan kebutuhan pokok lain itu juga rutin mendapatkan perawatan.

"Nggak ada masalah teknis, saat dicek juga clear tidak ada masalah. Pilot license juga clear, kesehatan fit," jelas Benny.

Akibat kejadian kemarin, pesawat dengan nomor registrasi PK YSY itu mengalami kerusakan parah. Benny belum tahu apakah pesawat masih bisa diperbaiki atau tidak.

"Saya belum tahu bisa diperbaiki lagi atau tidak. Kami juga tidak mau mendahului KNKT yang sedang melakukan penyelidikan," tegasnya.

Pesawat Trigana dengan nomor penerbangan TGN 7321 mengalami accident saat mendarat di Wamena, Selasa (13/9). Pesawat mengalami kerusakan parah, antara lain main gear yang patah dan tertinggal di runway serta mesin pesawat sebelah kiri yang menyentuh aspal dan perut pesawat yang robek. Pesawat dengan nomor registrasi PK YSY dan jenis pesawat B 737 ini dipiloti Jatmiko dengan First Officer atau kopilot Iwan. Pesawat tergelincir saat mendarat di Bandara Wamena dari Bandara Sentani, Jayapura.

(Hbb/Hbb)