Kapolri Sebut Irjen Iriawan Jadi Kandidat Kapolda Metro Jaya

Elza Astari Retaduari - detikNews
Sabtu, 10 Sep 2016 13:41 WIB
Kapolri Jenderal Tito Karnavian (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Setelah jabatan Wakapolri dipindahtugaskan, rotasi besar-besaran di tubuh Polri tampaknya akan dilakukan. Kadiv Propam Polri Irjen M Iriawan disebut menjadi salah satu kandidat Kapolda Metro Jaya.

Jabatan Wakapolri kini diemban oleh Komjen Syafruddin setelah Jenderal Budi Gunawan diangkat sebagai Kepala BIN. Pengganti Komjen Syafruddin di kursi Kalemdikpol diharapkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian sudah akan terisi pekan depan.

"Dewan kebijakan tinggi mungkin hari Rabu atau hari Kamis. Jumat mudah-mudahan sudah ada pergantian siapa pejabat Kalemdikpol," ujar Tito di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (10/9/2016).

Sebagai konsekuensi promosi di kursi Kalemdikpol, dia menyebut itu akan berdampak pada pergantian perwira tinggi di posisi jabatan lainnya. Tito juga mengamini bahwa Kapolda Metro Jaya Irjen Moechgiyarto menjadi salah satu yang dipertimbangkan sebagai pengganti Syafruddin.

"Otomatis pejabat menggantikan Kalemdikpol juga akan diisi. Salah satu yang menjadi opsi adalah itu (Irjen Moechgiyarto)," kata dia.

Saat ditanya siapa yang akan menjadi Kapolda jika Irjen Moechgiyarto menjadi Kalemdikpol, Tito mengatakan masih harus menunggu hasil rapat Wanjakti. Namun ia tidak membantah bahwa Kadiv Propam Irjen Iriawan menjadi salah satu di antara kandidatnya.

"Itu akan dibicarakan nanti minggu ini. Salah satu calon, ya," ungkap Tito.

Iriawan merupakan lulusan Akpol tahun 1984 yang lebih banyak bertugas di bidang reserse kriminal. Sempat menjadi Kapolda Jawa Barat, jenderal bintang dua itu juga pernah bertugas di Polda Metro Jaya sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum). (elz/dhn)