DetikNews
Kamis 08 September 2016, 14:40 WIB

Gajah Liar Ditemukan Mati di Bengkalis Riau, Ada Luka Punggung

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Gajah Liar Ditemukan Mati di Bengkalis Riau, Ada Luka Punggung Ilustrasi (Foto: Afif Farhan)
Pekanbaru - Kabar duka lingkungan kembali terulang di Riau. Satu ekor gajah betina remaja ditemukan mati dengan kondisi ada luka di punggungnya.

Kepala Bidang Wilayah II Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Supartono mengungkapkan hal itu kepada detikcom, Kamis (8/9/2016). Supartono menjelaskan, gajah remaja ini ditemukan di sekitar kawasan hutan Giam Siak Kecil di Kabupaten Bengkalis, Riau.

"Gajah remaja ini ditemukan mati dalam embung sekitar jam 5 tadi pagi. Memang ada bekas luka di punggungnya, namun kita belum tahu pasti penyebabnya," kata Supartono.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bawah kemarin tim BBKSDA Riau sudah mengetahui adanya gajah remaja itu ada di dalam embung (kolam). Ke dalam air embung hanya setinggi lutut gajah.

"Tim sudah berusaha agar gajah itu keluar. Tapi gajah tersebut tidak beranjak. Tapi bila dilihat kondisi embung dengan air dangkal, gajah tersebut bisa keluar. Sehingga tim membiarkan saja," kata Supartono.

Diperkirakan gajah tersebut tidak bersedia keluar, lanjut Supartono, karena kondisi sakit. Dimana panas tubuhnya tinggi sehingga secara faktor alami gajah berusaha mendinginkan dalam kolam.

"Dugaan sementara, gajah ini mati karena kondisi sakit," kata Supartono.

Untuk memastikan penyebab sakit tersebut, lanjut Supartono, pihaknya sudah menerjunkan tim dokter hewan dari BBKSDA. Selain itu dibantu dokter hewan dari pecinta lingkungan Veeswice dari Medan.

"Tim dokter saat ini lagi melakukan autopsi gajah tersebut. Dari hasil otopsi nanti akan diketahui penyebab kematiannya. Begitu juga untuk mengungkap ada bekas luka di punggung gajah tersebut," tutup Supartono.
(cha/trw)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed