DetikNews
Rabu 07 September 2016, 15:24 WIB

Menpan RB Kunjungi Polda Riau Terkait Rencana Kenaikan Status Menjadi Tipe A

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Menpan RB Kunjungi Polda Riau Terkait Rencana Kenaikan Status Menjadi Tipe A Foto: Chaidir Anwar T/detikcom
Pekanbaru - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Asman Abnur melakukan kunjungan kerja ke Riau. Kunjungan ini terkait akan kenaikan status Polda Riau dari Tipe B menjadi Tipe A.

Kunjungan dilaksanakan, Rabu (7/9/2016), dengan mendatangi Mapolda Riau. Menpan RB melakukan rapat tertutup bersama Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, dengan Kapolda Riau, Brigjen Pol Supriyanto.

Usai menggelar rapat terutup, kepada wartawan Asman Abnur menjelaskan, unjungannya untuk melihat persiapan Polda Riau yang akan naik status Tipe A alias akan dipimpin seorang Kapolda berangkat Irjen.

"Saya berpesan agar Polda Riau untuk meningkatkan pelayanan dengan berbasis informasi teknologi sebagai salah satu syarat menjadi Tipe A," katanya.

Foto: Chaidir AT/detikcom

Untuk menuju ke arah tersebut, lanjutnya, banyak hal yang harus dipersiapkan terutama terkait pelayanan publik. Meningkatkan pelayanan publik dengan penerapan sistem teknologi informasi sehingga dapat dilakukan selama 24 jam.

"Pelayanan publik yang dimaksud bukan hanya sekedar melayani saat jam kerja saja. Tapi pada saat tidur juga bisa melayani. Yang menggantikan saat jam tidur tentunya sistem teknologinya. Pelayanan publik harus siaga 24 jam di Riau ini," kata Asman.

Selain mengevaluasi soal pelayanan publik, Asman juga meminta Polda Riau agar menerapkan pengelolaan administrasi dan pengelolaan anggaran secara elektronik. Dengan demikian bisa mengendalikan sistem anggaran dan kinerja.

"Penerapan teknologi dalam pelayanan publik siaga 24 jam dan sistem administrasi elektronik harus diperhatikan untuk bisa menjadi Tipe A," tegas Asman.

Dia juga meminta agar jajaran Polda Riau dapat mencontoh Polda Jawa Timur yang sudah menerapkan respon cepat dengan istilah 'Panic Button'.

Foto: Chaidir AT/detikcom

"Jadi dengan menelepon nomor yang telah ada, dalam hitungan 5 menit polisi bisa hadir di tempat kejadian. Ini yang menjadi konsentrasi kita dengan Kapolda Riau yang juga harus diterapkan ke seluruh jajaran Polres," tutup Asman.

Dalam kunjungannya ini, selain ke Mapolda Riau, Menpan RB meninjau Kantor Samsat Pekanbaru di Jl Gajah Mada Pekanbaru. Usai dari sana, melanjutkan kunjungan ke Riau Safety Driving Centre (RSDC). Jl Yos Sudarso Kecamatan Rumbai. Di sana dia langsung melihat kondisi pelayanan pembuatan SIM. Terakhir MenpanRB juga mengunjungi Kantor Gubernur Riau.
(cha/trw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed