detikNews
Rabu 31 Agustus 2016, 11:25 WIB

Evaluasi 2 Hari Ganjil Genap, Kadishub DKI: Berhasil, Lalin Lancar

Niken Widya Yunita - detikNews
Evaluasi 2 Hari Ganjil Genap, Kadishub DKI: Berhasil, Lalin Lancar Lalu lintas lancar di jalur pemberlakuan ganjil genap (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Pemberlakuan ganjil genap sudah berlangsung dua hari. Kadishub DKI Jakarta Andri Yansyah menilai pemberlakuan itu berhasil mengurai kemacetan di jalur penerapan ganjil genap. Benarkah?

"(Evaluasinya) Berhasil. Di kawasan ganjil genap lalu lintas lancar," ujar Andri, ketika berbincang, Rabu (31/8/2016).

Andri menyebut, pada Selasa (30/8/2016) pagi hari, lalu lintas lancar di lokasi pemberlakuan ganjil genap. Namun pada sore hari hingga malam lalu lintas macet. Hal ini dikarenakan hujan deras di kawasan pemberlakuan ganjil genap.

Saat hujan, lanjut Andri, lalu lintas dipastikan akan padat. Pengemudi akan melambatkan laju kendaraannya karena kondisi jalan yang licin.

"Kalau hujan ada perlambatan lalu lintas. Ada faktor kehatian-hatian makanya kecepatan diperlambat. Makanya sore hari kemarin macet," kata mantan Camat Jatinegara ini.
Jalur alternatif pada Selasa (30/8/2016) macet (Andhika/detikcom)

Jika macet di jalur pemberlakuan ganjil genap, maka jalur alternatif menjadi macet. Karena itu, Andri meminta pengendara beralih ke transportasi umum. Menurut Andri, transportasi seperti bus TransJakarta sudah lebih baik. Hal ini dilihat dari jumlah bus dan jumlah kedatangan bus yang cepat.

Andri menyebut, pemberlakuan ganjil genap akan diterapkan selama sekitar 2 tahun. Hal ini menunggu penerapan electronic road pricing (ERP) sebagai pengganti ganjil genap. Saat ini, ERP masih dalam tahap lelang.

"Diperkirakan ERP akan berlaku sekitar 2 tahun lagi," ucap Andri.

Ganjil genap berlaku dua kali yakni pukul 07.00-10 WIB dan pukul 16.00-20.00 WIB. Kendaraan berpelat ganjil beroperasi pada pada tanggal ganjil, sedangkan kendaraan berpelat genap beroperasi pada tanggal genap. Total 348 pengemudi ditilang di hari pertama pemberlakuan peraturan itu.
(nwy/nwk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed