Melihat Jl Medan Merdeka Barat-Jl Thamrin yang Anti Macet di Sore Hari

Penerapan Ganjil Genap

Melihat Jl Medan Merdeka Barat-Jl Thamrin yang Anti Macet di Sore Hari

Kartika Sari Tarigan - detikNews
Selasa, 30 Agu 2016 17:37 WIB
Foto: Jl Medan Merdeka Barat arah Thamrin lancar (Kartika Sari Tarigan/detikcom)
Foto: Jl Medan Merdeka Barat arah Thamrin lancar (Kartika Sari Tarigan/detikcom)
Jakarta - Macet di Jl Medan Merdeka Barat arah Jl MH Thamrin merupakan pemandangan yang tidak asing lagi bagi warga Jakarta. Namun sore ini, jalan tersebut lancar.

Lalu lintas dari Jl Medan Merdeka Barat arah Jl MH Thamrin lancar. Begitu juga lalu lintas sebaliknya. Pemandangan ini tidak pernah terjadi jika tidak ada penerapan ganjil genap.
Kartika/detikcom

Penerapan ganjil genap dilakukan mulai hari ini dan sore ini aturan tersebut berlaku kembali hingga pukul . Berdasarkan pantauan detikcom Selasa (30/8/2016), dari pukul 16.15 WIB hingga pukul 17.00 WIB, lebih dari 10 pengendara mobil terjaring peraturan tersebut. Mereka yang terkena yakni yang melintas dengan pelat mobil ganjil.

Polisi menghentikan laju mobil yang berpelat ganjil. "Yang ditilang banyak. Tadi pagi saja dapat 3 buku," ujar salah seorang polisi yang lagi sibuk menilang pengemudi.
Pengemudi kena tilang (Kartika/detikcom)

Seorang polantas Briptu Bhakti mengatakan, pengemudi yang ditilang mengaku sudah tahu penerapan ganjil genap. Namun mereka mengaku lupa tanggal.

"Alasannya cuma lupa tanggal. Kalau di sini, sekitar 20 mobil tadi pagi. Sore ini baru 3, kebanyakan di depan kan udah disaring di depan. Di sini tinggal sisaan aja," ujar Bhakti.

Bhakti mengatakan pengemudi diberi surat tilang merah. Pengemudi didenda maksimal Rp 500 ribu dan pidana kurungan 2 bulan.

Dalam kesempatan itu, Bhakti mengatakan ada sedikit kisah lucu dari pengemudi yang terkena tilang. Mereka tidak mau buka pintu karena malu banyak kamera yang mengawasi mereka.

"Tadi pagi, itu yang bawa mobil cewek. Dia nggak mau buka pintu. Dia tanda tangan (tilang) di dalam mobil. Dia malu sama media," kata Bhakti.
Polisi menilang pengemudi yang melanggar (Kartika/detikcom)

Sedangkan petugas Dishub, Santoro mengaku kesulitan saat mencari pengemudi yang melanggar. Pengemudi kabur dan sulit ditangkap.

"Kadang ada juga yang dari jauh udah liat kita, dia main ngebut saja bawa mobilnya jadi nggak bisa distop," kata Santoro.



(nwy/asp)